Hukum Memajang Kaligrafi Bertuliskan Allah dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam Dengan Sejajar





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Bahkan hal ini bisa saja terdapat di dinding rumah kita. Umumnya di sebelah kanan ada tulisan Allah dan sejajar dengannya di sisi kiri ada kaligrafi bertuliskan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Ingat jangan remehkan masalah ini, bisa berbahaya.

Berikut kami tuliskan Fatwa Syaikh Al ‘Utsaimin rahimahullah atas masalah ini:

موضعها ليس بصحيح, لأن هذا يجعل النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- ندا لله مساويا له، ولو أن أحدا رأى هذه الكتابة، وهو لا يدري من المسمى بهما، لأيقن يقينا أنهما متساويان متماثلان،

"Meletakannya seperi ini tidak dibenarkan. Karena ini berarti menjadikan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam (baca: seakan) sebagai tandingan bagi Allah dan mensejajarkannya. Andai saja ada seseorang melihat tulisan ini dan ia tidak mengetahui dua nama yang tertulis sejajar tersebut (Allah Ta’ala dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam), niscayalah ia akan yakin keduanya setara dan serupa.

فيجب إزالة اسم رسول الله -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- ويبقى النظر في كتابة: "الله" وحدها، فإنها كلمة يقولها الصوفية،

Sehingga wajib menghilangkan (baik dengan cara menurunkan figura kaligrafi tersebut atau menghapusnya jika tertulis langsung di dinding -pent) nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut. Kini tinggal meninjau (hukum menulis)memajang kaligrafi) tulisan Allah saja. Sesungguhnya hal ini merupakan perkataan orang-orang shufi.

ويجعلونها بدلا عن الذكر، يقولون: "الله الله الله"، وعلى هذا فتلغى أيضا، فلا يكتب "الله"، ولا " محمد " على الجدران، ولا في الرقاع ولا في غيره.

Mereka (Shufi pada umumnya -pent) menjadikan kata "Allah" Itu sebagai pengganti dzikir (dimana mereka/shufi kalau dzikir hanya) mengucapkan "Allah, Allah, Allah". Dengan asumsi semacam ini, maka tulisan itupun harus dihilangkan juga. Maka tak boleh menulis (atau memajang -pent) Allah dan tidak pula Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di dinding, kertas atau lainnya." (Majmu’ Fatawa wa Rosa’il Syaikh al ‘Utsaimin rahimahullah III:75)

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web               : dakwahmanhajsalaf.com
📱 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

1 Komentar untuk "Hukum Memajang Kaligrafi Bertuliskan Allah dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam Dengan Sejajar"

  1. Ini tidak bnr kerana menyimpan nama allah dan muhammad adalah suatu yg wajib bagi umat umat islam untuk mengingati allah taala serta rasul rasul nya.jadi sini menyimpan nama allah dan muhammad dpn pintu kh dlam rumah lah tak jadi masalah.ini adalah untuk umat islam saja.bukan untuk org kafir ,syirik ,dan syi,ah.dan bkan untuk org yg coba menukarkan dalil dalil islam yg bnr kepada yg palsu.sekian assalamualaikum.

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel