Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Terefektif Untuk Mengatasi Segala Masalah





Oleh Ustadz Berik Said hafizhahullah

Terkadang kita habis-habisan mencari obat atau solusi untuk mengatasi kesulitan yang kita hadapi, bahkan jutaan rupiah sampai ratusan juta digelontorkan orang karena ingin masalahnya teratasi, padahal ada solusi terefektif dengan biaya anggaran nol rupiah, tapi memiliki efek penyembuh terefektif dan paling nyaman

Sayangnya solusi ini justru ditinggalkan atau diremehkan kaum muslimin ! Dan memang solusi ini akan dianggap berat bagi yang memiliki kelemahan iman !!!

Jika kita ingin tahu masalah ini, bukalah ayat berikut:

وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ ۙ 

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al-Baqarah: 45)

Ayat di atas jelas menunjukkan pelajaran, bahwa Allah akan memberikan pertolongan itu diantaranya dengan menjadikan dua wasilah syar’i terbesar, yakni:

1. Sabar
2. Shalat

Dan Allah sendiri menyatakan hal itu akan dirasakan berat kecuali mereka yang jiwanya khusyu.

Apa Makna Sabar Pada Ayat Di Atas


Banyak dijelaskan definisinya yang dimana salah satunya didefinisikan oleh apa yang diriwayatkan oleh Shahabat senior bernama Sa’id bin Jubair radhiallahu ‘anhu yang menyatakan:

الصَّبْرُ اعتراف العبد لله بما أصيب فِيهِ وَاحْتِسَابُهُ عِنْدَ اللَّهِ وَرَجَاءُ ثَوَابِهِ…

"Sabar adalah pengakuan seorang hamba, bahwa apapun yang menimpanya datangnya dari Allah, lantas ia mengharap ridha Allah seraya pahala dari-Nya (dengan sebab musibah tersebut)". (Tafsir Ibni Katsir I:155)

Sementara khusyu pada ayat di atas ditafsirkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu sebagai:

يَعْنِي الْمُصَدِّقِينَ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ

"Yakni orang-orang yang membenarkan apa yang diturunkan Allah". (idem I:156)

Dan Ibnul ‘Aaliyah rahimahullah menafsirkan khusyu pada ayat di atas sebagai:

الخائفين

"Mereka memiliki rasa takut (terhadap Allah)". (Idem)

Sebegitu hebatnya sifat sabar sebagai kekuatan orang yang beriman, sampai Allah sendiri menyatakan saat menceritakan karakteristik orang beriman yang baik dengan menyatakan:

وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang memiliki keberuntungan yang besar". (QS Fushshilat : 35)

Maha benar Allah dengan segala apa yang difirmankan-Nya: "Sabar itu hanya dimiliki oleh orang yang memiliki sifat baik dan sabar itu anugerah yang besar. Terkadang saat kita menyeru untuk sabar, justru akan balik bertanya sampai kapan bersabar ? Gak ada kesudahannya.

Subhaanallah, sebenarnya tidak pantas bagi kita, Firman Allah dilawan dengan perkataan seperti ini. Bahkan yang wajib bagi kita adalah “Sami'naa Wa Atho'naa“

Jika kita mengetahui kapan persisnya pertolongan Allah itu akan datang, maka itu bukan lagi hakekat sabar. Disebut sabar itu karena menanti kerahasiaan kapan saatnya Allah akan menolong kita.

Betapa banyak kita yang tidak memahami masalah ini. Maka jika datang fitnah, ghibah dan juga kezhaliman yang dilakukan orang padamu tetap hadapilah dengan sabar dan shalat sebagai senjata utamamu !

Semoga Allah memafkan kita semua dan mau menjadikan sabar dan shalat betapapun berat sebagai obat keras terefektif menyembuhkan segala masalah hidup kita.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Obat Terefektif Untuk Mengatasi Segala Masalah"