Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Kamu Lakukan Bila Tiba-Tiba Salah Satu Anggota Tubuhmu Serasa Sakit?





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhihullah

Coba lakukan hal berikut, semoga akan segerah hilang rasa nyerimu, In Syaa Allah.

Dari Utsman bin Abil Aash radhiallahu ‘anhu mengisahkan:

أَنَّهُ شَكَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَعًا يَجِدُهُ فِي جَسَدِهِ مُنْذُ أَسْلَمَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِي تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

"Ia mengadukan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang penyakit yang telah dideritanya sejak ia masuk islam. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya: "Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang terasa sakit. Bacalah olehmu "Bismillah" sebanyak tiga kali sesudah itu bacalah tujuh kali "A’udzu billahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir". (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari penyakit yang aku derita dan aku cemaskan)“. [HSR. Muslim no.2202]

Peringatan, banyak kaum muslim menyangka bahwa do'a di atas hanya dibaca untuk terapi ruqyah yang hanya terkait urusan mistik. Ini adalah anggapan bathil. Bahkan ini berlaku juga untuk ruqayh penyakit fisik biasa apapun penyakitnya.

Lihatlah penjelasan Imam Nawawi rahimahullah setelah menuturkan hadits shahih, dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu yang berkata:

رخَّص رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ في الرُّقيةِ من العَينِ ، والحُمَةِ ، والنَّملةِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan rukhshah (keringanan) dalam ruqyah karena Al ‘Ain (pengaruh mata jahat), Hummah (demam akibat sengatan bintang berbisa), dan Namlah (luka pada lambung yang berdampak mengeluarkan nanah)”. [HSR. Mulim no.2196]

Imam Nawawi rahimahullah lalu memberikan penjelasan sebagai berikut:

ليس معناه تخصيص جوازها بهذه الثلاثة وإنما معناه سئل عن هذه الثلاثة فأذن فيها ولو سئل عن غيرها لأذن فيه وقد أذن لغير هؤلاء وقد رقى هو صلى الله عليه وسلم في غير هذه الثلاثة والله أعلم قوله

"Makna hadits tersebut bukanlah bermaksud membatasi bahwa ruqyah itu hanya dibolehkan untuk tiga penyakit tersebut saja (Ain, Hummah dan Namlah -pent). Tetapi maknanya adalah bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang (pengobatan ruqyah) untuk tiga penyakit tersebut dan beliau membolehkannya. Seandainya beliau ditanya untuk selain tiga penyakit tersebut, niscayalah beliau pun akan membolehkannya. Beliau shallalahu ‘alaihi wa sallam juga membolehkan ruqyah selain tiga penyakit tersebut dan beliau juga pernah meruqyah untuk selain dari tiga keluhan tersebut." (Syarah Shahih Muslim XIV:185)

Kesimpulan
1) Kita bisa meruqyah diri kita sendiri untuk rasa sakit fisik maupun non fisik dengan cara yang disebutkan pada hadits di atas.
2) Bila sakitnya pada seluruh tuhuh maka bisa dengan meniupkan do'a di atas pada dua telapak tangan lalu mengusapkan pada seluruh tubuh yang dapat dijangkau.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Kamu Lakukan Bila Tiba-Tiba Salah Satu Anggota Tubuhmu Serasa Sakit? "