Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Berkokok Di Malam Hari






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Tahukah kamu apa yang sebenarnya terjadi saat ayam tersebut berkokok? Dan apa yang semestinya kamu lakukan jika mendengar ayam tersebut berkokok disaat itu?

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا

"Bila kalian mendengar ayam berkokok, maka mintalah kepada Allah keutamaan, karena sebenarnya ia sedang melihat malaikat". [HR. Bukhari no.3303 dan Muslim no.2729]

Faidah Dari Hadist di Atas

1) Informasi shahih bahwa saat ayam jantan berkokok berarti ayam itu sedang melihat malaikat.
2) Ini termasuk perkara ghaib yang haram hukumnya kaum beriman mengingkarinya.
3) Ini sunnahkannya meminta keutamaan saat mendengar ayam jantang berkokok.

Beberapa Permasalahan Terkait Hadist di Atas

Pertama, mengapa keistimewaan ini ada pada ayam jantan saat berkokok bukan pada hewan lainnya?

Kata Al-Hafizh rahimahullah:

ذَكَرُ الدَّجَاجِ وَلِلدِّيكِ خَصِيصَةٌ لَيْسَتْ لِغَيْرِهِ مِنْ مَعْرِفَةِ الْوَقْتِ اللَّيْلِيِّ فَإِنَّهُ يُقَسِّطُ أَصْوَاتَهُ فِيهَا تَقْسِيطًا لَا يَكَادُ يَتَفَاوَتُ وَيُوَالِي صِيَاحَهُ قَبْلَ الْفَجْرِ وَبَعْدَهُ لَا يَكَادُ يُخْطِئُ سَوَاءٌ أَطَالَ اللَّيْلُ أَمْ قَصُرَ

"Disebutkannya ayam jantan secara khusus adalah karena ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya. Diantaranya adalah ia memiliki insting kuat yang mampu mendeteksi datangnya malam hari. Karena itu ayam jantan segera berkokok keras tepat waktu dan tidak pernah ketinggalan pada malam hari (menjelang Shubuh -pent), nyaris tidak pernah meleset ia berkokok sebelum dan setelah Shubuh dan nyaris tidak pernah salah, tidak peduli malamnya adalah malam yang lebih panjang atau pendek". (Fathul Bari VI:353)

Kedua, apakah ayam jantan dikatakan berkokok karena ia sedang melihat malaikat itu disemua waktu atau diwaktu malam (menjelang Shubuh) saja ?

Dalam riwayat Ahmad ternyata lafazhnya muquyyad (mengikat) yakni malam hari, bukan disetiap waktu. Perhatikan redaksi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad rahimahullah berikut:

إذا سَمِعْتُمْ صِياحَ الدِّيَكَةِ مِنَ الليلِ

"Bila kamu mendengar kokok ayam jantan pada malam hari". [HR. Ahmad no. 8003 bersumber dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu juga. Hadits ini menurut Al Albani rahimahullah dalam Shahih Aadabul Mufrad no.938: Shahih]

Maka, pendapat yang lebih dekat pada kebenaran adalah khusus jika kokokan ayam jantan ini terjadi dimalam hari sekitar waktu Shubuh.

Ketiga, apa yang dimaksud mintalah doa keutamaan dari Allah saat mendengar suara kokok ayam di malam hari tersebut? Dan adakah doa khusus yang menjelaskan hal ini?

Dalam fatwa Islamweb.net disebutkan:

فالسنة عند سماع صوت الديكة أن يسأل الإنسان ربه من فضله, ولا نعلم دعاء محددا في ذلك

"Dan yang sesuai dengan sunnah seseorang saat mendengar kokokan ayam jantan (di malam hari -pent) hendaklah ia meminta kepada Tuhannya berupa keutamaan dan kami tidak mengetahui doa tertentu yang membatasi dalam bab itu". http://fatwa.islamweb.net/fatwa/73993

Karenanya doa ini bebas berupa doa apapun yang dibutuhkan ampunan semisal doa minta ampunan, doa minta diberi keberkahan hidup dan sebagainya. Hal ini bisa kita perjelas jika kita mencermati perkataan Imam Al Qodhi Iyadh rahimahullah berikut:

كان السبب فيه رجاء تأمين الملائكة على دعائه واستغفارهم له وشهادتهم له بالإخلاص

"Adapun sebab dianjurkannya berdoa saat mendengar ayam jantan berkokok adalah berharap mendapat ucapan Aamiin dari malaikat atas orang yang berdoa saat itu, serta permohonan para malaikat dari orang yang berdoa saat itu serta persaksian mereka akan keikhlasan kita". (Fathul Bari VI:353)

Kesimpulan, disunnahkan saat mendengar ayam jantan berkokok dimalam hari (sekitar Shubuh) untuk membaca doa keutamaan. Doa tersebut adalah doa yang bebas sesuai dengan keinginan kita. Doa saat itu termasuk doa yang mustajab.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Whatshapp: 089665842579
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Fanspage: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Ayam Berkokok Di Malam Hari"