LightBlog

Bantahan Telak Terhadap Syubhat Bahwa Menjaskan Suatu Bid'ah Atau Syirik Adalah Termasuk Sikap Memecah Belah Umat

Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah Kata Pengantar Ada sebagian orang bahkan banyak jumlahnya yang berpendapat bahwa pembahasan...






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Kata Pengantar

Ada sebagian orang bahkan banyak jumlahnya yang berpendapat bahwa pembahasan suatu bid’ah atau memperingatkan suatu bid’ah atau syirik baik lewat ceramah atau tulisan dianggap sebagai sikap memecah belah ummat, merusak ukhuwah dan yang semakna dengan itu.

Untuk membangun mainstream ini biasanya mereka melontarkan syubhat seperti:

Masih banyak perkara lain yang lebih penting dari pada pembahasan bid'ah atau syirik tersebut dan sejumlah syubhat lainnya.

Maka di sini tegas kami katakan: pada prinsip pertanyaan bahwa membahas masalah syirik dan bid'ah baik lewat ceramah atau tulisan adalah dapat menimbulkan perpecahan/perselisihan dan karenanya jangan mengulas masalah ini, maka perkataan atau keyakinan semacam ini termasuk seburuk-buruknya keburukan dan semunkar-munkarnya kemunkaran.

Demi Allah, bahkan sikap atau keyakinan semacam ini pada ujungnya akan meruntuhkan salah satu sendi agama tertinggi ajaran islam, yakni nahi munkar (mencegah kemunkaran).

Karenanya, dalam risalah ini, insya Allah kami akan membuat point jawaban yang mudah difahami saja sebagai bantahan bagi orang yang masih memiliki pemahaman bathil semacam ini.

Bukti Tak Terbantahkan Wajibnya Menyikap dan Mengingkari Syirik dan Kebid'ahan


Pertama, kita mesti tanyakan kepada mereka yang berpendirian untuk tidak membahas masalah syirik atau kebid’ahan baik lewat ceramah atau tulisan dengan pertanyaan berikut:
Apakah Anda meyakini bahwa syirik dan bid'ah itu perkara munkar yang dilarang dan dibenci oleh syari'at?

Hampir dapat kita pastikan bahwa jawaban mereka secara umum “Ya“.

Jika jawaban mereka “Ya“, dan memang ini jawaban yang benar, maka kita tanyakan kepada mereka apakah perkara yang munkar itu di diamkan atau harus diingkari bahkah harus dihalangi?

Saya yakin jawaban mereka secara umum  perkara munkar harus diingkari dan dihalangi.

Jika jawaban mereka seperti ini dan ini memang jawaban yang benar, maka kita tanyakan lagi lantas bagaimana mungkin justru setelah Anda sepakat dengan kami bahwa, syirik dan bid'ah adalah kemunkaran dan anda pun menyepakati dengan kami bahwa kemunkaran dalam hal ini teristimewa kemunkaran syirik dan bid'ah yang bahkan keduanya adalah biangnya kemunkaran, lalu tiba-tiba justru anda mengatakan membahas bid'ah dan syirik adalah memecah belah ummat, merusak ukhuwah, dan yang semakna dengan itu? dan bahkan kemudian terkesan amat sangat kuat Anda tidak menyukai jika ada orang yang menyikap masalah ini.

Sungguh, sikap Anda ini karena anda hipokrit/munafik dalam jawabannya. Anda tidak konsisten jawaban mulut dengan perilaku.

Betapa tidak akan kami katakan demikian?
Di satu sisi anda menyatakan bahwa, syirik dan bid'ah adalah kemunkaran, tetapi Anda sendiri menjadi pelakunya.

Di satu sisi Anda mengatakan kemunkaran memang harus dicegah, tetapi karena Anda termasuk pelaku bid'ah atau kesyirikannya itu sendiri, atau minimal Anda adalah pendukung kebid'ahan, maka anda tak ingin kemunkaran jenis ini diingkari karena akan membuka kedok Anda.

Lantas untuk menutupi kedok tersebut, Anda membangun opini membodohi orang awam bahwa membahas bid'ah atau syirik dapat memecah belah ummat, merusak persatuan, merusak ukuwah, dan sebagainya. Jadi dimana sebenarnya posisi Anda dalam hal ini?

Ini sekali lagi karena Anda hipokrit, hipokrit, hipokrit.

Lucunya sekaligus tidak lucu kalau mereka sudah kepepet dengan sejumlah apa yang kami nyatakan di atas, biasanya mereka memakai jurus ngeles kelas dewa, dengan mengatakan maksud kami bukan tidak boleh membahas syirik atau bid'ah lewat ceramah atau tulisan, tetapi... Lihat, kedustaan dan ketidakkonsistenan terus diikuti kedustaan dan ketidakkonsistenan lanjutan.

Awalnya mereka memang membenci kalau ada ceramah atau tulisan yang membongkar syirik atau bid'ah kalau sudah kepepet ngomongnya, maksud kami bukan tidak boleh membahas syirik atau bid'ah lewat ceramah atau tulisan, tetapi... Ini sekali lagi karena hipokrit, hipokrit, hipokrit.

Semoga Allah Ta’ala memafkan kami dan mereka dan semoga Allah Ta’ala menganugerahklan untuk selalu konsisten dalam segala hal dan menjauhi sikap hipokrit, Aamiin.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibrasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibrasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Adab & Akhlak,155,Adzan,5,Aqidah & Manhaj,154,Bid'ah,41,biografi,3,fatwa ulama,132,Fiqh Jenazah,7,Fiqh Qurban,13,Fiqh Ramadhan,35,Fiqh Shalat,57,Fiqh Thaharah,9,fiqh wanita,26,Fiqh Zakat,9,hadits,201,Ibadah,89,Iqomah,6,Muamalah,19,Nasehat,169,Puasa,12,Risalah : Do'a & Dzikir,44,Risalah : Keluarga,28,Tafsir,4,Tanya Ustadz,40,Tazkiyatun Nufus,3,Umum,41,
ltr
item
Manhaj Salaf: Bantahan Telak Terhadap Syubhat Bahwa Menjaskan Suatu Bid'ah Atau Syirik Adalah Termasuk Sikap Memecah Belah Umat
Bantahan Telak Terhadap Syubhat Bahwa Menjaskan Suatu Bid'ah Atau Syirik Adalah Termasuk Sikap Memecah Belah Umat
https://1.bp.blogspot.com/-fdd6g6xv8xg/XQiB1Pi4OYI/AAAAAAAAA6o/C3mpOVDrd40wt0MH8MAz_jHIWge_-E0EwCLcBGAs/s320/images%2B%252830%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-fdd6g6xv8xg/XQiB1Pi4OYI/AAAAAAAAA6o/C3mpOVDrd40wt0MH8MAz_jHIWge_-E0EwCLcBGAs/s72-c/images%2B%252830%2529.jpeg
Manhaj Salaf
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/06/bantahan-telak-terhadap-syubhat-bahwa-menjelaskan-suatu-bidah-atau-syirik-adalah-termasuk-sikap-memecah-belah-umat.html
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/06/bantahan-telak-terhadap-syubhat-bahwa-menjelaskan-suatu-bidah-atau-syirik-adalah-termasuk-sikap-memecah-belah-umat.html
true
29850523095273762
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy