LightBlog

Apakah Benar Habib Itu Keturunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?

Pertanyaan : ﷽ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Nama: Ahyadi Khoirul Anam Dari Group Manhaj salaf Ikhwan 2 ...






Pertanyaan :


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama: Ahyadi Khoirul Anam
Dari Group Manhaj salaf Ikhwan 2

Apakah benar habib-habib di Indonesia itu keturunan Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam?

Jawab :

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Istilah habib adalah istilah baru, istilah untuk keluarga Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam adalah ahlul bait yakni istri, anak, dan kerabat beliau.

Di kisahkan, seseorang di Baghdad (tidak tau dia sunni atau syiah) yang mengaku ahlul bait, mengungsi ke Hadrahmaut Yaman. Lalu keturunannya membuat aturan-aturan dalam keluarga dengan sebutan habib, habibah karena klaim sebagai keluarga Nabi dari trah Husain. Dan mereka menyebut syarif atau hasaniyah, atau syarifah bagi keturunan Hasan. Kemudian keturunan mereka menyebar di beberapa negara, dan saling berkomunikasi dengan menyebut habib.

Secara syariat, nasab wajib di buktikan dengan nasab, kita tidak bisa benar atau salahkan.

Saya tantang para pengklaim keturunan Nabi itu untuk membuktikan katanya ada bekas rambut Nabi (contoh yang di bawa opick si penyayi itu) coba tes DNA, apa ada keidentikan ?

Apa rambut Nabi palsu, atau mereka yang dusta atas pengakuan sebagai keturunan Nabi shalallahu 'alaihi wa salam.

Nasab tidak bermanfaat bila tidak di iringi dengan amal shalih. Anda tidak mulia dengan pengakuan bahwa anda keturunan orang mulia sedang amal anda menyelisihi kakek anda.

Saya yakin dengan peneliti dan sejarah, bahwa orang yang mengaku habib itu 90% berdusta, mereka hanya ingin hak khusus dari penghormatan manusia pada mereka dan mengklaim hak istimewa untuk dibedakan dengan orang lain dengan mengaku keturunan Nabi, dan mereka membuat-buat nasab sendiri.

Nasalullaha salama wal afiah.

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

COMMENTS

BLOGGER: 3
  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Afwan admin izin ambil gambarnya untuk stiker cesinh hp
    Jazakallah Khairan

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh..
    Tidak sepantasnya kita meragukan/menanyakan nasab seseorang tanpa tujuan yang syar'i, karena ini salah satu yang dilarang..

    حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا أَبَانُ بْنُ يَزِيدَ ح و حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ وَاللَّفْظُ لَهُ أَخْبَرَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى أَنَّ زَيْدًا حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا سَلَّامٍ حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا مَالِكٍ الْأَشْعَرِيَّ حَدَّثَهُ
    أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَرْبَعٌ فِي أُمَّتِي مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ لَا يَتْرُكُونَهُنَّ الْفَخْرُ فِي الْأَحْسَابِ وَالطَّعْنُ فِي الْأَنْسَابِ وَالْاسْتِسْقَاءُ بِالنُّجُومِ وَالنِّيَاحَةُ وَقَالَ النَّائِحَةُ إِذَا لَمْ تَتُبْ قَبْلَ مَوْتِهَا تُقَامُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَيْهَا سِرْبَالٌ مِنْ قَطِرَانٍ وَدِرْعٌ مِنْ جَرَبٍ


    Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami 'Affan telah menceritakan kepada kami Aban bin Yazid -dalam jalur lain- Dan telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur -dan lafazh juga miliknya- telah mengabarkan kepada kami Habban bin Hilal telah menceritakan kepada kami Aban telah menceritakan kepada kami Yahya bahwa Zaid telah menceritakan kepadanya bawah Abu Sallam telah menceritakan kepadanya bahwa Abu Malik Al Asy'ari telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada empat perkara jahiliyah yang masih melekat pada umatku dan mereka belum meninggalkannya: Membanggakan kedudukan, mencela nasab (garis keturunan), meminta hujan dengan bintang-bintang, dan niyahah (meratapi mayit)." Dan beliau bersabda: "Orang yang meratapi mayit, jika ia belum bertaubat sebelum ajalnya tiba maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan memakai baju panjang yang berwarna hitam dan memakai tameng dari pedang yang sudah karatan." (HR. Muslim 1550. No 934 versi Syarah Shahih Muslim)

    Mohon ditinjau kembali tulisannnya. Karena tulisan di atas cenderung menghakimi orang yang bergelar habib dengan kalimat:
    1. "Saya tantang para pengklaim keturunan Nabi itu untuk membuktikan katanya ada bekas rambut Nabi (contoh yang di bawa Fulan si penyayi itu) coba tes DNA, apa ada keidentikan?"


    2. "Saya yakin dengan peneliti dan sejarah, bahwa orang yang mengaku habib itu 90% berdusta, mereka hanya ingin hak khusus dari penghormatan manusia pada mereka dan mengklaim hak istimewa untuk dibedakan dengan orang lain dengan mengaku keturunan Nabi, dan mereka membuat-buat nasab sendiri."

    Hendaknya pula kita tidak menyampaikan cerita2 yang tidak jelas sanadnya, seperti:
    "Di kisahkan, seseorang di Baghdad (tidak tau dia sunni atau syiah) yang mengaku ahlul bait, mengungsi ke Hadrahmaut Yaman. Lalu keturunannya membuat aturan-aturan dalam keluarga dengan sebutan habib, habibah karena klaim sebagai keluarga Nabi dari trah Husain. Dan mereka menyebut syarif atau hasaniyah, atau syarifah bagi keturunan Hasan. Kemudian keturunan mereka menyebar di beberapa negara, dan saling berkomunikasi dengan menyebut habib."

    Hendaknya kita tidak berprasangka buruk terhadap seseorang.

    Adapun pertanyaan2 seperti ini hendaknya tidak dipublikasikan dan dijawab personal saja agar tidak menyebabkan fitnah.

    Semoga Allah senantiasa menjaga antum sekeluarga..

    Wallahu'alam.

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

    Disitukan kan dikatakan Nasab tidak bermanfaat bila tidak di iringi dengan amal shalih.

    Dan faktanya malah habib-habib itu melenceng dari Sunnah...
    Banyak yang melakukan bid'ah, bahkan ada pula yang melakukan kesyirikan

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan bijak

Nama

Adab & Akhlak,144,Adzan,5,Aqidah & Manhaj,136,Bid'ah,37,biografi,3,fatwa ulama,117,Fiqh Jenazah,7,Fiqh Qurban,13,Fiqh Ramadhan,35,Fiqh Shalat,57,Fiqh Thaharah,9,fiqh wanita,26,Fiqh Zakat,9,hadits,193,Ibadah,89,Iqomah,6,Muamalah,19,Nasehat,154,Puasa,12,Risalah : Do'a & Dzikir,44,Risalah : Keluarga,28,Tafsir,4,Tanya Ustadz,40,Tazkiyatun Nufus,3,Umum,42,
ltr
item
Manhaj Salaf: Apakah Benar Habib Itu Keturunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?
Apakah Benar Habib Itu Keturunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?
https://1.bp.blogspot.com/-t9lq_J8QYi0/XSr7xSSBtPI/AAAAAAAABHw/ASfJArfkT0geto9mMvpaExmjmzCPvlf9ACLcBGAs/s320/IMG_20190614_182313.png
https://1.bp.blogspot.com/-t9lq_J8QYi0/XSr7xSSBtPI/AAAAAAAABHw/ASfJArfkT0geto9mMvpaExmjmzCPvlf9ACLcBGAs/s72-c/IMG_20190614_182313.png
Manhaj Salaf
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/07/apakah-benar-habib-itu-keturunan-nabi.html
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/07/apakah-benar-habib-itu-keturunan-nabi.html
true
29850523095273762
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy