Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Tidak Membayar Hutang





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Mengapa hidupku terus terasa sulit ? Jangan-jangan karena selama ini kita berhutang kepada seseorang dan kita tidak punya motivasi kuat untuk segera melunasinya, atau bahkan saat kita ada rizki kita pun suka menunda-nunda pembayaran itu tanpa ada udzur syar'i. Jangan tidak percaya, bisa saja perkara ini penyebab utama hidup kita terus dirundung kesulitan.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلاَفَهَا أَتْلَفَهُ اللَّهُ

"Barangsiapa meminjam harta orang lain, namun ia tidak punya i'tikad baik untuk mengembalikannya, maka Allah akan menghancurkan dirinya". [HSR. Bukhari no.2387]

Yang lebih berat lagi adalah kesengsaraan keadaan mereka tidak berhenti sampai disini, yakni di dunia saja.

Perhatikan hadits berikut:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ رَجُلاً قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ أُحْيِىَ ثُمَّ قُتِلَ مَرَّتَيْنِ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ مَا دَخَلَ الْجَنَّةَ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ

"Demi yang jiwaku ada ditangan-Nya, seandainya seorang laki-laki terbunuh dijalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya hutang, maka dia tidak akan masuk Surga sampai hutangnya itu dilunasi". [HR. Nasa’i no.4684]. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami no.3600, Hasan.
 
Allahul Musta’an. Itu bagi yang keadaannya wafat terbunuh dijalan Allah. Lantas bagaimana kalau yang keadaannya biasa-biasa, yakni yang mati tidak sedang dalam jihad, dan dalam keadaan hutang yang tidak ada niat serius membayarnya ? Kepada Allah kita memohon ampunan.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Akibat Tidak Membayar Hutang"