Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Membaca Al-Fatihah Setelah Shalat Fardhu





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Di beberapa masjid, banyak kita temukan bahwa seorang imam setelah selesai dari shalat berjama’ah atau setelah selesai dari do’a, maka ia menuntun para makmumnya agar membaca bersama-sama surah Al-Fatihah. Apa ini adalah suatu sunnah ?

Ada beberapa sisi jawaban atas masalah ini.

1) Terdapat hadits shahih bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memotivasi membaca surah tertentu setelah selesai dari shalat fardhu dan setelah selesai membaca dzikir-dzikir tertentu. Tapi surah yang dibaca itu bukan surah Al-Fatihah.

Lihat hadits berikut:

مَنْ قرأَ آيةً الكُرسِيِّ دُبُرَ كلِّ صلاةٍ مكتوبةٍ ، لمْ يمنعْهُ من دُخُولِ الجنةَ إلَّا أنْ يمُوتَ

"Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap kali selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalanginya masuk Surga, kecuali kematian (yang belum datang padanya)". [HR. Nasa’i dalam al Kubra no.9928, Thabrani no.7532. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih al Jaami’ 6464, Shahih. Kata Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Shahih Al-Musnad 478, Hasan]

Dalam hadits lain dari Uqbah bin Amir radhiallahu ‘anhu menceritakan:

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ الْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan padaku untuk membaca mu’awwidzaat di akhir shalat (sesudah salam)". [HR. Abu Daud no.1523, Tirmidzi no.2903, an Nasa’i no.1336, Syaikh Al Albani rahimahullah mengatakan bahwa hadits ini shahih]

Al Mu’awwidzaat itu mencakup Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas.

2) Tidak diragukan lagi, surah Al-Fatihah termasuk sebesar-besarnya surah yang Allah turunkan dalam Al-Quran. Namun, bukan berarti dengan demikian kita bisa seenaknya menetapkan keutamaan membaca surah tersebut pada situasi-situasi khusus yang tidak diperintah atau dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Logikanya, seandainya alasan keutamaan membaca surah Al-Fatihah setiap selesai dari shalat berjama’ah atau setiap kali selesai berdo’a adalah sunnah dengan alasan surah Al-Fatihah adalah sebesar-besarnya surah dalam Al-Quran, sudah barang tentu hal ini telah terpikirkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sudah pasti beliau akan segera menyunnahkannya.

Jika surah yang kedudukannya di bawah Al-Fatihah saja, yakni tiga surah di atas diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk diamalkan, maka apalagi surah Al-Fatihah yang merupakan seagung-agungnya surah tentu lebih pantas untuk dianjurkan dibaca dan diamalkan.

3). Atas dasar itu, para Ulama kita telah menetapkan bid’ahnya hal ini.

Salah satunya Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzhahullah mengatakan:

أمَّا قراءتها أدبار الصَّلوات؛ فلا أعلم له دليلاً من سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وإنما الذي ورد هو قراءة آية الكرسي ، و قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ، و قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ، و قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ، وردت الأحاديث بقراءة هذه السُّور بعد الصَّلوات الخمس، وأمَّا الفاتحة؛ فلا أعلم دليلاً على مشروعيَّة قراءتها بعد الصَّلاة

"Adapun membacanya (surat Al-Fatihah) setelah shalat fardhu, maka saya tidak mengetahui dalilnya dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang terdapat dalilnya adalah ayat kursi, qul huwallahu ahad, dan qul a’udzu birabbil falaq, dan qul a’udzu birabbinnas. Telah datang hadist-hadist yang menunjukkan disyari’atkannya membaca surat-surat tersebut setelah shalat lima waktu. Adapun membaca surat Al-Fatihah maka saya tidak mengetahui dalil yang menunjukkan disyari'atkan perkara tersebut setelah shalat". (Al-Muntaqa min Fatawa Al-Fauzan no.133)

Sementara itu Ulama Lajnah ad Daa’imah menetapkan:

لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه كان يقرأ الفاتحة بعد الدعاء فيما نعلم، فقراءتها بعد الدعاء بدعة

"Tidak terdapat berita yang sah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau membaca Al-Fatihah setelah berdo'a sebatas pengetahuan kami. Atas dasar itu, membacanya setelah berdo'a adalah bid’ah". (Fatawa Lajnah Ad-Daimah II:528)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

20 komentar untuk "Hukum Membaca Al-Fatihah Setelah Shalat Fardhu"

  1. Sunnah baca alfatiha sebelum keluar masjid

    BalasHapus
  2. Tapi adakah rasulullah saw melarang membaca alfatihah setelah solat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diantara kaidah fiqih dalam agama ini adalah:

      الأصل في العبادة الحظر, فلا يشرع منها إلا ما شرعه الله و رسوله

      "Hukum asal dalam ibadah adalah terlarang, maka suatu ibadah tidak disyariatkan kecuali ibadah yang disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya".

      Hapus
    2. Yang buat kaidah fiqih itu siapa?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Ikuti petunjuk Rasulullah,yg rasul contohkan berusaha kita ikuti yg tdk tinggalkan,insya lebih selamat.

    BalasHapus
  4. Apakah membaca alquran setelah sholat termasuk bidah?

    BalasHapus
  5. Wkwkwkwk rujukannya ulama wahabi semua.. baca ayat alquran kok harus ada dali 😂
    Sulit amat ya jadi wahabi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada adabnya termasuk larangan membaca di kamar mandi/toilet..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Sebenarnya bukan masalah ulama Wahabi atau bukan.. tapi rujukan dan referensi adalah Al-Qur'an, hadits nabi dan pemahaman sahabat nabi. Tiga points itu SDH final bila ingin bersikap ilmiah.

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum
    1. Apa hukumnya jika seseorang berdzikir stlh sholat namun tidak sesuai urutannya dgn apa yg telah dicontohkan Rasulullah?
    2. Apa hukumnya ketika seseorang berdzikir setelah sholat hny istighfar dan dzikir subhanallah, alhamdulillah dan allahu akbar saja tanpa membaca Ayat Kursi, surat al Ikhlas, al falaq dan annas?
    3. Apa hukumnya jika seseorang hny istighfar stlh sls sholat namun tidak berdzikir (langsung membaca al Quran atau melakukan aktifitas lain..)?
    4. Apa hukumnya jika seseorang stlh sholat tdk istighfar dan tidak berdzikir?

    Barakallah atas penjelasnya thdp pertanyaan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tidak apa2.. dzikir setelah sholat kan sunah, yg wajib sholatnya.. tpi klo abz sholat dilanjut ya lebih afdhal, kalaupun tdk dzikir jg tdk dosa

      Hapus
    2. Jika tidak berdosa meninggalkan dzikir setelah sholat, harusnya membaca al-fatihah setelah sholat tidak masalah (nb ; lebih baik daripada tidak dzikir sama sekali)
      Wallahu a'lam

      Hapus
    3. Ya emg tidak masalah kan.. 😋 yg mempermasalahkan kan mereka2 para wahabis yg selalu menganggap apa2 bid'ah..

      Hapus
  7. Fikiran pendek pemahamannya bgitu.. seandainya Rasulullah shollollohu alaihi wa sallam tau umat akhir zaman ini baca Alfatihah setelah Sholat..beliau pasti diam saja. Gak seperti si wahabi² ini..dikit² bilang Bid'ah..😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Definisi bid'ah itu apaya menurut antum..?

      Yg menyuruh kita berhati-hati terhadap bid'ah kan nabi shollallhu alaihi wasallam dan ancamannya neraka.. bukan ulama yg kalian sebut Wahabi itu..

      Hapus
    2. Maaf kak wahyu sudah selesai

      Hapus
  8. Di tempat saya yg mempertahan jgn baca Alfatihah setelah sholat Krn bida'h malah begitu selesai sholat langsung keluar masjid, rupanya dia langsung ke tempat kumpulannya main gitar,he he gak tau ya ilmu mereka itu gimana sebenarnya apa cuma untuk merusak persatuan umat tujuannya???

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak