Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Fokus Dengan Gadgetmu






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Kamu pernah tidak punya teman saat sedang kau ajak ngobrol, eh dia lebih fokus pada gadgetnya (Hp dan sebagainya) dan terkesan tidak fokus pada apa yang sedang kamu sampaikan ?

Nah jika kamu mendapati teman yang demikian ada baiknya kamu jelaskan penjelasan yang ana sampaikan di bawah ini.

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu mengisahkan:

إنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّخَذَ خَاتَمًا فَلَبِسَهُ قَالَ: شَغَلَنِي هَذَا عَنْكُمْ مُنْذُ الْيَوْمَ إِلَيْهِ نَظْرَةٌ وَإِلَيْكُمْ نَظْرَةٌ ثُمَّ أَلْقَاهُ

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mempunyai sebuah cincin dan memakainya, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Cincin ini telah menyibukkanku dari kalian, sejak hari ini (aku memakainya), sesaat aku memandangnya dan sesaat aku melihat kalian". Kemudian beliaupun melempar cincin tersebut". [HR. An Nasa’i 5304. Kata Syaikh Muqbil dalam As-Shahihul Musnad 621, Shahih. Kata Al Albani dalam Takhrij Misykatul Mashabih 4331, Shahih]

Atas dasar ini seorang Ulama besar bernama Hasan Al-Bashri rahimahullah pernah menasehati:

إذا جالست فكن على أن تسمع أحرص منك على أن تقول , و تعلم حسن الاستماع كما تتعلم حسن القول , و لا تقطع على أحد حديثه

"Apabila engkau sedang duduk berbicara dengan orang lain, hendaknya engkau bersemangat mendengar melebihi semangat engkau berbicara. Belajarlah menjadi pendengar yang baik sebagaimana engkau belajar menjadi pembicara yang baik. Dan janganlah engkau memotong pembicaraan orang lain". (Al-Muntaqa hal. 72)

Maka, jika ada yang sedang mengajak ngobrol, jangan malah fokus dengan gadget/handphonemu, hendaknya memperhatikan dan mendengarkan teman bicaramu.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Jangan Fokus Dengan Gadgetmu"