Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Saat Keluar Rumah






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Anas Bin Malik radhiallahu ‘anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إذا خرج الرجلُ مِنْ بيتِهِ فقال: بسمِ اللهِ ، توكلتُ على اللهِ ، لا حولَ ولا قوةَ إلا باللهِ ، قال: يقالُ حينئذٍ: هُدِيتَ ، وكُفيتَ ، ووقيتَ ، فتَتنحَّى لهُ الشياطينُ ، فيقولُ لهُ شيطانٌ آخرُ : كيفَ لكَ برجلٍ قدْ هُدِيَ ، وكُفِيَ ، ووُقِيَ

"Jika seseorang keluar dari rumahnya, lantas dia mengucapkan Bismillahi tawakkaltu 'ala Allahi, laa hawla wa laa quwwata illa billahi (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu, "Engkau akan diberi petunjuk dicukupkan dan dijaga. Setanpun akan menyingkir jauh darinya. Setan yang lain akan mengatakan, bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan". [HR. Tirmidzi no.3426, Abu Dawud no.5095, Ibnu Hibban no.882, Nasa'i no.9837, Baihaqi no.9555, Ibnu Suni no.179 dan lain-lain]

Kata Al-Hafizh rahimahullah dalam Tasdiidul Quus I:336, sanadnya shahih. Kata Abdul Haq Al-Isybili rahimahullah dalam Ahkam As-Shughra 888, صحيح الإسناد. Kata Al-Mundziri rahimahullah dalam At-Targhib wa At-Tarhib II:379, tidak kurang dari hasan, bahkan hadits ini atas syarat shahih Bukhari Muslim atau salah satu diantaranya. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami' 499, Shahih At-Targhib 1605, dan Shahih Abu Dawud 5095, shahih.

Dan pada hadits di atas ditegaskan bahwa orang yang saat keluar dari rumahnya membaca doa tersebut, maka dikatakan ketika itu "Engkau akan diberi petunjuk".

Tentang siapa yang akan mengatakan kalimat tersebut, maka menurut para Ulama itu adalah ucapan Malaikat. Hal ini diantaranya Al-Mubarakfuri rahimahullah dalam Tuhfatul Ahwadzi (IX:271)

Perhatikan betapa besarnya fadhilah membaca doa saat keluar rumah ini, sayangnya doa ini sering kita lalaikan. Allahul Musta’an. Ajarkanlah doa ini juga pada anak-anak kita.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Doa Saat Keluar Rumah"