Jika Seseorang Sebelum Wafatnya Berwasiat Agar Nanti Ahli Warisnya Berqurban, Apakah Wasiatnya Wajib Dijalankan?






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Pada silsilah qurban bagian 5 kami telah jelaskan bahwa, berqurban dengan niat mengkhususkan pahalanya bagi orang yang telah mati itu tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam maupun para Shahabatnya radhiallahu anhum.

Yang jadi masalah bagaimana kalau misalnya orang tua kita berwasiat jika tahun ini dia keburu wafat, maka hendaklah sang ahli waris menyembelih seekor qurban untuknya.

Apakah wasiat ini boleh dan bahkan harus dijalankan ?

Untuk menjelaskan persoalan ini ada baiknya kita lihat fatwa Syaikh al Utsaimin rahimahullah berikut:

أن يضحي عن الأموات بمقتضى وصاياهم تنفيذاً لها, وهذا واجب إلا إن عجز عن ذلك.

"Berqurban untuk orang yang telah mati disebabkan karena adanya wasiat sebelumnya, maka melaksanakan wasiat ini wajib selama tidak ada faktor yang menyulitkan si penerima wasiat tersebut melaksanakan wasiat ini."

وأصل هذا قوله تعالى:

Landasan hukum masalah ini adalah Firman Allah Ta’ala:

فَمَن بَدَّلَهُ بَعْدَمَا سَمِعَهُ فَإِنَّمَآ إِثْمُهُ عَلَى الَّذِينَ يُبَدِّلُونَهُ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ.

“Dan barangsiapa yang mengubah-ngubah/mengganti wasiat setelah ia mendengarnya, maka dosanya ditanggung oleh orang yang menggantinya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 181). (Ahkaamul Udhiyyah wad Dzukaat, karya Syaikh al Utsaimin rahimahullah, hal. 6)

Apa yang dikatakan oleh Syaikh al Utsaimin rahimahullah di atas, sama dengan apa yang pernah disampaikan oleh Imam Nawawi rahimahullah yang pernah berkata:

وَلَا تَضْحِيَةَ عَنْ الْغَيْرِ بِغَيْرِ إذْنِهِ، وَلَا عَنْ الْمَيِّتِ إذَا لَمْ يُوصِ بِهَا.

“Tidak sah qurban untuk orang lain selain dengan izinnya. Tidak sah pula qurban untuk mayit bila ia (orang yang telah wafat tersebut) tidak memberi wasiat qurban dulu (sebelum wafatnya)." (Mughnil Muhtaaj III:92)

Kesimpulan, bila sebelum wafatnya seseorang itu berwasiat agar disembelihkan hewan qurban atas namanya, maka si penerima wasiat wajib merealisirkan wasiat itu selagi sang penerima wasiat Itu mampu melakukannya.

Adapun menyembelih hewan qurban untuk orang yang telah wafat yang sebelumnya tak ada wasiat darinya, maka ini tak ada tuntunannya dalam sunnah Nabi shallallahu alaihi wa salam.

Walhamdu lillaahi rbbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Jika Seseorang Sebelum Wafatnya Berwasiat Agar Nanti Ahli Warisnya Berqurban, Apakah Wasiatnya Wajib Dijalankan?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel