Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sya'ban




Oleh Ustadz Abu abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Dari Aisyah Ummul mu'minin radiallahu 'anha, beliau berkata:

كان أحب الشهور إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يصوم شعبان

"Bulan yang paling di sukai Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam untuk berpuasa di dalamnya adalah bulan Sya'ban". [HR. Imam An-Nasai Kitabus Shiyam no.4/199]

Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata: "...Yang demikian itu karena Syawal datang setelah Ramadhan sebagaimana Sya'ban datang sebelum Ramadhan, sehingga puasa Sya'ban lebih utama, karena Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam lebih banyak berpuasa di bulan Sya'ban daripada Syawal, jika puasa Syawal lebih utama dari pada (puasa di bulan-bulan haram), tentu (dari sisi ini) puasa Sya'ban jelas lebih utama dari bulan bulan haram tersebut.

Di sini jelas, puasa sunnah yang paling utama adalah yang keduanya lebih dekat kepada Ramadhan, sebelum maupun sesudahnya. Kedudukan puasa pada bulan-bulan itu sama seperti kedudukan shalat-shalat Sunnah rawatib yang mengiringi shalat-shalat fardhu. Ia menjadi penyempurna bagi kekurangan yang di lakukan di dalam shalat fardhu, demikian pula dengan puasa-puasa sunnah sebelum dan sesudah Ramadhan.

Sebagaimana shalat sunnah rawatib lebih utama daripada shalat-shalat mutlaq. Begitu pula puasa sunnah sebelum dan sesudah Ramadhan adalah lebih utama daripada puasa mutlak (di hari lain)".

كتاب لطائف المعارف فيما لمواسم العام من الوظائف ٢٤٩.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala mudahkan kita semua mengawali Ramadhan ini dengan gemar berpuasa di bulan Sya'ban. Semoga pembahasan tentang wabah dan virus, tidak menjadikan lupa dan terbengkalainya bulan Ramadhan.

________
Bada Dzuhur, Sidoarjo. Oleh yang butuh dan mengharapkan ampunan Rabb-Nya.

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Sya'ban"