Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haram Mengucapkan Selamat Atas Perayaan Orang Kafir

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:

وأما التهنئة بشعائر الكفر المختصة به: فحرام بالاتفاق ، مثل أن يهنئهم بأعيادهم ، وصومهم ، فيقول: "عيد مبارك عليك" ، أو "تهنأ بهذا العيد" ، ونحوه ، فهذا إن سلم قائله من الكفر: فهو من المحرمات ، وهو بمنزلة أن يهنئه بسجوده للصليب ، بل ذلك أعظم إثماً عند الله وأشد مقتاً من التهنئة بشرب الخمر ، وقتل النفس ، وارتكاب الفرج الحرام ، ونحوه

“Adapun mengucapkan selamat pada syi’ar-syi’ar kekufuran secara khusus, maka hukumnya haram berdasarkan kesepekatan para Ulama. Seperti mengucapkan selamat pada hari raya mereka dan pada saat mereka melakukan puasa dengan mengatakan, selamat hari raya untuk Anda atau selamat atas hari raya Anda atau semacamnya. Hal ini meskipun yang mengatakan tidak sampai jatuh pada kekufuran, akan tetapi perkataan tersebut adalah haram.

Hal tersebut sama saja dengan mengucapkan selamat atas sujudnya salib. Bahkan hal tersebut sebesar-besarnya dosa kepada Allah, lebih dimurkai dibandingkan dengan orang yang mengucapkan selamat atas minuman keras, pembunuhan, berzina dan sebagainya". (Ahkam Ahli Dzimmah III:211)

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah juga mengatakan:

تهنئة الكفار بعيد الكريسمس أو غيره من أعيادهم الدينية حرام بالاتفاق

"Memberi selamat kepada orang-orang kafir dalam perayaan Natal atau perayaan agama mereka yang lainnya adalah haram menurut kesepakatan Ulama". (Majmu Al-Fatawa lll:45)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Haram Mengucapkan Selamat Atas Perayaan Orang Kafir"