Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Seorang Ibu Berpakaian Sexy di Hadapan Anaknya ?





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Boleh jadi kamu memiliki banyak anak kecil di rumahmu.

Yang menjadi pertanyaan bolehkah kamu, baik karena ingin berhias di hadapan suamimu atau karena hawa panas atau lainnya lalu kamu berpakaian sexy/lingerie, padahal di situ ada anak-anak kecil kamu?

Lajnah Ad-Daa’imah (Lembaga Fatwa Arab Saudi) pernah ditanya seorang ibu yang dia menceritakan bahwa dirinya berpakaian lingerie (jika duduk akan terlihat apa yang ada di atas lutut) di hadapan suami dan anak-anaknya yang berusia 3-9 tahun. Suaminya tak menyukai hal itu karena khawatir berdampak psikologis kelak pada anak-anaknya. Maka, bagaimana hukum masalah ini?

Berikut jawaban Lajnah Ad-Da’imah atas pertanyaan di atas:

يجب عليك طاعة زوجك بالمعروف، ومن ذلك ما أمرك به من التستر والاحتشام عند أولادك، حتى لا يعتادوا رؤية العورات ومفاتن النساء، والذي يجوز كشفه للأولاد هو: ما جرت العادة بكشفه، كالوجه والكفين والذراعين والقدمين ونحو ذلك.

"Wajib bagimu mentaati suamimu dalam hal yang ma’ruf, termasuk diantaranya apa yang telah suami perintahkan kepadamu agar menutup aurat dan memiliki rasa malu di depan anak-anakmu, sehingga mereka tak terbiasa melihat aurat dan bagian tubuh wanita yang menarik. Adapun yang boleh ditampakkan di hadapan anak-anak adalah apa yang biasa ditampakkan saja, seperti: wajah, tangan, lengan, kaki dan yang semisalnya." (Fatwa Lajnah ad Daa’imah no. 20.576 yang saat itu masih diketuai oleh Syaikh bin Baaz rahimahullah)

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzhahullah juga berkata:

لا يجوز للمرأة أن تلبس القصير من الثياب أمام أولادها ومحارمها، ولا تكشف عندهم إلا ما جرت العادة بكشفه مما ليس فيه فتنة، وإنما تلبس القصير عند زوجها فقط‏.‏

"Seorang wanita tidak boleh memakai pakaian yang sexy di depan anak-anaknya dan mahramnya, janganlah ia menampakkan tubuhnya melainkan apa yang biasa tampak yang tidak menimbulkan fitnah. Ia hanya boleh mengenakan pakaian yang sexy di hadapan suaminya saja". (Al-Muntaqo min Fatawa asy-Syaikh Sholeh al-Fauzan, Fatwa no. 455)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Bolehkah Seorang Ibu Berpakaian Sexy di Hadapan Anaknya ?"