Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Suami Jadi Pengangguran Karena Malas Itu Berdosa?






Oleh Ustadz Berik Said Hafizhahullah

Nih dengerin juga untuk firqah Tabligh yang suka "khuruj" berbulan-bulan dengan meninggalkan keluarganya tanpa disiapkan keperluan mendasar keluarganya dan berdalil tawakal !!

Allah Ta’ala berfirman:

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

"Dan kewajiban ayah (suami) adalah memberi makan dan pakaian (selayaknya -pent) kepada para ibu (istrinya) dengan cara yang makruf". QS. Al-Baqarah: 233)

Nih sekarang perhatikan hadits yang sangat bagus berikut:

عن وَهْبَ بْنَ جَابِرٍ يُحَدِّثُ ، أَنَّ مَوْلًى لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ لَهُ، إِنِّى أُرِيدُ أَنْ أُقِيمَ هَذَا الشَّهْرَ هَا هُنَا بِبَيْتِ الْمَقْدِسِ. فَقَالَ لَهُ: تَرَكْتَ لأَهْلِكَ مَا يَقُوتُهُمْ هَذَا الشَّهْرَ ، قَالَ لاَ. قَالَ: فَارْجِعْ إِلَى أَهْلِكَ فَاتْرُكْ لَهُمْ مَا يَقُوتُهُمْ ، فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ: كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْماً أَنْ يُضَيِّعَ مَنْ يَقُوتُ

Wahb bin Jabir rahimahullah mengisahkan: "Seorang budak milik Abdillah bin ‘Amru radhiallahu ‘anhu pernah berkata kepadanya: "Aku ingin sekali bermukim selama sebulan di sini, di Baitul Maqdis Palestina“. Maka beliau berkata kepadanya: “Maka apakah kamu telah memberikan anggaran belanja untuk kebutuhan mereka (keluarganya) selama satu bulan". Ia menjawab: "Tidak !". Maka ‘Abdillah bin ‘Amru radhiallahu ‘anhu berkata: "Kembalilah kamu kepada keluargamu dan hendaklah kamu berikan dulu anggaran rumah tangga untuk menopang kehidupan mereka. Karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Cukuplah seseorang dikatakan berdosa bila ia menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggung jawabnya". [HR. Abu Dawud 1692, Nasa’I 9177, Ahmad 6495]

Derajat Hadits Diatas


Kata As-Suyuthi dalam Jami’us Shaghir 6218, Shahih. Kata Imam Nawawi dalam Riyadhus Shalihin 153, Shahih. Kata Az-Zarqani dalam Mukhtashar Al-Maqashid 748, Shahih. Kata Muhammad Jaarullah As-Sha’adi dalam An-Nawaafih 251, Shahih. Kata Ahmad Syakir dalam tahqiqnya atas Musnad Ahmad XI:67, Shahih. Kata Al-Albani rahimahullah 'alaihim - dalam Shahih Abi Dawud 692, Hasan.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp: 089665842579
🌐 Web: www.dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage: fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Apakah Suami Jadi Pengangguran Karena Malas Itu Berdosa?"