Khawarij




Pertanyaan :

Bismillah, Assalamualaikum

Pertanyaanya bagaimana sejarah khawarij?
Jazakallah

Dari Dicky ( Group MS-I 1 )

Jawab :

Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh
Semog rahmat Allah Ta'ala selalu menyertai Saudara dan kita semua.

Untuk menjawab pertanyan Saudara ini, bisa mengeluarkan sebuah buku khusus tentang seluk beluk khawarij dan buku-buku ataupun artikel-artikel yang lengkap tentang sejarah khawarij sudah sangat banyak dan mudah didapatkan, tinggal dikembalikan kepada kita, mau bersungguh-sungguh untuk mempelajarinya atau tidak.

Sebagai bentuk penghargaan atas kemauan Saudara bertanya tentang sesuatu yang penting untuk diketahui, saya hanya akan menyebutkan beberapa poin saja tentang Khawarij.

Pertama, Khawarij adalah salah satu golongan atau kelompok dari tubuh umat islam yang mengkafirkan pelaku dosa besar dan keluar atau memberontak kepada pemerintahan kaum Muslimin yang sah. Mereka  dinamakan khawarij karena mereka keluar atau memberontak kepada pemerintah kaum muslimin yang sah.

Kedua, Embrio kelompok khawarij adalah Dzul Khuwaishirah, seorang laki-laki yang mengatakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: "Berlaku adillah wahai Rasulullah", ketika itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang membagikan harta hasil rampasan perang.
Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun menjawab: “Celakalah engkau, siapa lagi yang akan berlaku adil kalau aku tidak lagi berlaku adil”?.
Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu ketika itu bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam langsung berkata: “Biarkan saya membunuhnya wahai Rasulullah”. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Biarkanlah dia! Sesungguhnya dia memiliki pengikut yang shalat kalian terasa kurang  dibandingkan shalat pengikutnya, puasa kalian terasa remeh dibandingkan dengan puasa pengikutnya, mereka terlepas dari agama sebagaimana anak panah yang terlepas dari busurnya."

Ketiga, Khawarij muncul sebagai kelompok, setelah berakhirnya perang Shiffin, kemudian mereka memberontak kepada Ali bin Abi Thalib radiyallahu 'anhu dan beliau menumpas mereka semuanya.

Keempat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah berkata tentang mereka: Artinya: "Akan keluar satu kaum di akhir zaman, (mereka) adalah orang-orang yang masih muda, akal mereka bodoh, mereka berkata dengan sebaik-baiknya perkataan manusia, keimanan mereka tidak melewati kerongkongan, mereka keluar dari agama bagaikan anak panah yang keluar dari busurnya, di mana saja kalian menjumpai mereka, maka (perangilah) bunuhlah, karena sesungguhnya dalam memerangi mereka terdapat pahala di hari Kiamat bagi siapa saja yang membunuh mereka." [HR. Al Bukhari dan Muslim]

Kelima, Khawarij akan terus ada walaupun dengan nama yang berbeda, sampai dajjal menemui kelompok terakhir dari mereka.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Artinya: "Akan tumbuh para pemuda yang membaca al-Qur-an akan tetapi (Al-Qur'an itu) tidak melewati kerongkongan mereka. Setiap kali sekelompok dari mereka muncul, maka mereka pantas untuk dihancurkan.” Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhu berkata:
“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Setiap kali sekelompok dari mereka keluar, maka mereka pantas untuk dihancurkan,’ lebih dari dua puluh kali hingga Dajjal keluar di dalam kelompok terakhir.” [HR. Ibnu Majah]

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga menjadi motifasi bagi Saudara dan kita semua untuk lebih memperluas pengetahuan tentang firqah-firqah menyimpang dengan tidak mengabaikan perkara terpenting di dalam agama ini yaitu Tauhid.

Allahu A'lam.

Dijawab Oleh Ustadz Hamdi Maspeke حفظه الله تعالى

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp: 089665842579
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage: fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Khawarij"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel