Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan Bagi Orang Yang Meremehkan Masalah Hutang !!





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Muhammad bin Jahsy radhiallahu ‘anhu menceritakan:

كنَّا جُلُوسًا عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فَرَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ ، ثُمَّ وَضَعَ رَاحَتَهُ عَلَى جَبْهَتِهِ ثُمَّ قَالَ: «سُبْحَانَ اللَّهِ ! مَاذَا نُزِّلَ مِنَ التَّشْدِيدِ؟» فَسَكَتْنَا وَفَزِعْنَا ، فَلَمَّا كَانَ مِنَ الْغَدِ سَأَلْتُهُ :

"Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, (tiba-tiba) beliau menengadahkan wajahnya ke (arah) langit. Lantas meletakkan tangannya pada dahinya. Selanjutnya beliau berkata: "Subhanallah, sungguh perkara sangat berat apa yang baru saja diturunkan ini?". (Maka) Kami -para Shahabat radhiallahu ‘anhum- pun terdiam dan ketakutan. Sampai esok harinya aku (Muhammad bin Jahsy radhiallahu ‘anhu -pent) bertanya kepada beliau:

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، مَا هَذَا التَّشْدِيدُ الَّذِي نُزِّلَ ؟ فَقَالَ: «وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ ! لَوْ أَنَّ رَجُلا قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ أُحْيِيَ ، ثُمَّ قُتِلَ ، ثُمَّ أُحْيِيَ ، ثُمَّ قُتِلَ ، وَعَلَيْهِ دَيْنٌ مَا دَخَلَ الْجَنَّةَ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ»

Wahai Rasulullah, perkara amat berat apa yang diturunkan? Beliau menjawab: “Demi (Allah) yang jiwaku ada ditangan-Nya, seandainya ada seseorang yang terbunuh dijalan Allah, lantas dihidupkan kembali, lantas (ikut perang dijalan Allah lagi -pent) dan terbunuh lagi, lantas dihidupkan lagi (dan kembali berperang dijalan Allah -pent) dan kembali terbunuh lagi, namun dia masih memiliki hutang. Maka dia tidak akan bisa masuk Surga sampai hutangnya dilunasi." [HR. Nasa’i no.4701, Ahmad 22493, Thabrani dalam Al Ausath 270, dan lainnya. Dengan sedikit perbedaan redaksi. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih An Nasa’i 4698: Hasan, sementara dalam Shahihul Jaami’ 3600 beliau menyebutnya: Shahih]

Jika mati dijalan Allah, bahkan diibaratkan sampai tiga kali mati terbunuh di jalan Allah, tetap tidak akan memasukan ke Surga hingga hutang-hutangnya ada yang melunasi.

Maka bagaimanakah halnya bagi yang tak melunasi hutangnya dan dia mati dalam keadaan maksiat ? Atau dia mempermainkan modal orang lain dengan melanggar perjanjian pembayaran dan sampai mati tak dilunasi. Allahul musta’an.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Peringatan Bagi Orang Yang Meremehkan Masalah Hutang !!"