Hukum Seputar Aborsi






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Fatwa Kibarul Ulama Saudi Arabia:

الحمد لله وحده والصلاة والسلام عل نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم وبعد: فإن مجلس هيئة كبار العلماء يقرر ما يلي :

"Sesungguhnya majelis himpunan Ulama besar (Saudi Arabia) telah menetapkan beberapa keputusan (yang terkait dengan hukum aborsi -pent) sebagai berikut:

1- لا يجوز إسقاط الحمل في مختلف مراحله إلا لمبرر شرعي وفي حدود ضيقة جداَ .

Ketetapan Pertama, tidak diperbolehkan melakukan aborsi untuk usia janin berapapun, kecuali bila ada alasan syar'i yang kuat, itupun harus memenuhi berbagai persyaratan yang teramat ketat.

2- إذا كان الحمل في الطور الأول وفي مدة الأربعين كان في إسقاطه مصلحة شرعية أو دفع ضرر متوقع جاز إسقاطه ،

Ketetapan Kedua, jika usia kandungan (janin) masih berada di fase pertama yakni 40 hari pertama dalam kandungan. Sementara (andai) melakukan aborsi karena terdapat kemaslahatan syar'i atau untuk mencegah bahaya, maka diperbolehkan melakukan aborsi.

أما إسقاطه في هذه المدة خشية المشقة في تربية الأولاد أو خوفاً من العجز عن تكاليف معيشتهم وتعليمهم أو من أجل مستقبلهم أو اكتفاء بما لدى الزوجين من الأولاد فغير جائز .

Namun aborsi (walau untuk janin yang usianya masih 40 hari -pent) yang biasanya dilakukan oleh orang zaman sekarang dengan alasan takut kesulitan mendidik anak atau kekhawatiran dalam memenuhi kebutuhan hidup anak serta mengajarnya atau keterkaitan (dengan kekhawatiran) atas masa depan mereka atau karena suami istri itu merasa tak ada kesanggupan lagi mengcover biaya hidup anak-anaknya. Maka tidak dibolehkan.

3- لا يجوز إسقاط الحمل إذا كان علقة أو مضغة حتى تقرر لجنة طبية موثوقة أن استمراره خطر على سلامة أمه بأن يخشى عليها الهلاك من استمراره  جاز إسقاطه بعد استنفاذ كافة الوسائل لتلافي تلك الأخطار .

Ketetapan Ketiga, tidak diperbolehkan melakukan aborsi sekalipun janin dalam kandungan itu baru berbentuk alaqoh (segumpal darah) atau mugdhoh (segumpal daging) hingga bila dokter spesialis yang terpercaya menutuskan bawa kelanjutan kelahiran tersebut akan membahayakan keselamatan ibunya. Misalnya jika proses kelahiran janin itu diteruskan maka  akan mengakibatkan kematian sang ibu. Maka boleh melakukan aborsi. Tetapi itu pun setelah semaksimal mungkin mencari berbagai cara untuk menghindari ancaman tersebut.

4- بعد الطور الثالث وبعد إكمال أربعة أشهر للحمل لا يحل إسقاطه حتى يقرر جمع من الأطباء المتخصصين الموثوقين أن بقاء الجنين في بطن أمه يسبب موتها وذلك بعد استنفاذ كافة الوسائل لإنقاذ حياته

Ketetapan Keempat, adapun (melakukan aborsi) setelah janin mencapai fase ke tiga dan telah sempurna 4 bulan usia bayi dalam kandungan (120 hari). (Maka) tidak diperbolehkan sama sekali melakukan aborsi kecuali bila telah diputuskan oleh tim dokter spesialis yang terpercaya, bahwa adanya janin dalam kandungan ibunya itu akan menjadi sebab kematian sang ibu. Dan hal itu setelah mencari semaksimal mungkin berbagai cara untuk menyelamatkan hidupnya.

وإنما رخص الإقدام على إسقاطه بهذه الشروط دفعاً لأعظم الضررين وجلباً لعظمى المصلحتين . ويوصي المجلس بتقوى الله والتثبت في هذا الأمر .

Maka keringan tindakan aborsi dengan segala syarat-syaratnya tersebut adalah (hanya sebagai) menghindari yang lebih besar bahayanya dari dua bahaya tersebut dan memilih mashlahat yang lebih besar diantara dua mashlahat tersebut. Dan Majelis (Kibarul Ulama -pent) mewasiatkan untuk takwa kepada Allah dan kekokohan dalam perkara ini". (Fatwa Hai’ah Kibarul ‘Ulama noo.140)

Dikutip dari: http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=272&PageNo=1&BookID=16

Catatan tambahan, sebagian Ulama ada yang membolehkan pengguguran janin yang belum sampai umur 120 hari secara mutlak, yakni walau tanpa alasan sama sekali dengan alasan ruh saat itu belum ditiupkan dan janin dalam fase semacam itu seakan benda mati. Namun sebagai bentuk kehati-hatian maka ana menyarankan jangan sampai melakukan aborsi janin walaupun yang masih belum berumur 120 hari dalam kandungan jika tak ada alasan amat mendesak.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Hukum Seputar Aborsi"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel