Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Air Zam-Zam






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Air zam-zam adalah air terbaik di dunia, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

"Sebaik-baiknya air yang ada di muka bumi adalah zam-zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan obat bagi penyakit". [HR. Al Faakihi dalam Akhbaarul Makkah 1106, Thabrani 11.167 dan ad Dhiaa dalam al Ahaadits al Mukhtaroh 137]

Kata Al Mundziri rahimahullah dalam at targhib wat Tarhib [II:200]: Seluruh perawinya terpercaya. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih at Targhib [1161]: Hasan, sementara dalam Shahihul Jaami’ [3322] beliau menilainya: Shahih.

Karena tidak mengherankan jika air zam-zam memiliki kelebihan yang tidak didapat pada air selainnya.

Berikut hadits-hadits yang menunjukkan sebagian keutamaan air zam-zam.

Diantara Khasiat Air Zam-Zam


1) Air zama-zam adalah air terbaik di dunia, dalilnya hadits yang disebutkan di atas.

2) Air zam-zam adalah air yang mengandung keberkahan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang air zam-zam:

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang terdapat keberkahan di dalamnya.“ [HSR. Muslim no. 2437]

3) Air zam-zam memiliki banyak khasiat tergantung dari niat si peminumnya dan mata airnya bersumber dari galian Malaikat Jibril ‘alaihis sallam

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ماءُ زمزمَ لما شُرِب له

“Air zam-zam itu sesuai dengan niat orang yang meminumnya." [HR. Daroquthni no.2772, Thabrani dalam al Ausath no.849 dan Ahmad no.14.320, mengenai sanadnya, maka Syaikh Al Albani rahimahullah telah menshahihahkannya dalam as Shahihah 1123]

Sementara Imam Mujahid rahimahullah berkata setelah penggalan hadits di atas:

إن شربتَه تستشفي شفاك اللهُ وإن شربتَه لشِبَعِك أشبعك اللهُ وإن شربتَه لقطعِ ظمَئِك قطعه اللهُ

"Bila engkau meminumnya dengan niat sebagai obat, maka semoga Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya dengan maksud agar dikenyangkan, maka Allah akan mengeyangkanmu. Bila engkau meminumnya dengan niat untuk menghilangkan rasa dahagamu, maka semoga Allah akan menghilangkan rasa dahagamu.

وهي هزمةُ جبرائيلَ عليه السَّلامُ وسُقيا اللهِ إسماعيلَ عليه السَّلامُ

Air zam-zam adalah (bersumber dari) galian (malaikat) Jibril ‘alaihis sallam dan curahan minum dari Allah kepada Ismail".

Menurut Syaikh Al Albani rahimahullah: “Mauquf sampai Mujaahid rahimahullah (tabi’in) (tak sampai bersambung ke Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam -pent) dengan sanad yang shahih.“ (Izaalah ad Dahsyi 114)

Kalaupun tambahan dari Imam Mujaahid rahimahullah itu tidak marfu’, tetapi maknanya tetap shahih karena keumumuman hadits shahih di atas yang “tergantung niat peminumnya“, juga didukung oleh beberapa hadits shahih lainnya yang akan ana sebutkan sebentar lagi, insya Allah.

4) Air zam-zam dapat berfungsi sebagai obat dari penyakit

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

زَمْزَمُ طَعَمُ طُعْمٍ، وَشِفَاءُ سُقْمٍ

"Air zam-zam adalah makanan dari segala makanan dan obat dari penyakit". [HR. Al Bazaar no.3929, kata Al Hafizh rahimahullah dalam al Muthalib al ‘Aliyah [VII:137]: Shahih. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih at Targhib wa Tarhib [1162]: Shahih]

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

إِنَّ الْحُمَى مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ، فَأَبْرِدُوْهَا بِمَاءٍ زَمْزَمَ

“Sesungguhnya penyakit demam itu termasuk dari panasnya Api Neraka Jahannam. Maka (pengobatannya -pent) dinginkanlah dengan air zam-zam.“ [HSR. Bukhari no.3261, Ibnu Hibban no.6068, Mengenai hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban tersebut menurut al Arna’uth rahimahullah dalam Takhrij Shahih Ibnu Hibban [6068]: Shahih atas syarat Bukhari dan Muslim]

Di hadits lainnya disebutkan A’isyah radhiallahu ‘anhaa menceritakan:

يَحْمِلُ مَاَء زَمْزَمَ فِي الأَدَاوَى وَالقِرَبِ، وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى المَرْضَى وَيَسْقِيهِم

"Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam membawa air zam-zam di dalam kantong-kantong air (yang terbuat dari kulit). Beliau menuangkan/membasuhkan dan meminumkannya kepada orang-orang yang sakit." [HR. Bukhari dalam Taarikhul Kabir 639, kata Al Albani rahimahullah dalam as Shahihah [883]: Shahih]

Tentu saja fadhilah air zam-zam yang disebutkan di atas tetap semuanya bermuara pada izin Allah.

Selanjutnya, saat orang yang meminum air zam-zam dengan misalkan berniat menjadikan air itu sebagai penyembuh dengan izin Allah, hendaklah ia melakukan itu dengan keyakinan penuh.

Karena itu Imam Ibnul ‘Arobi rahimahullah pernah menegaskan:

وهذا موجود فيه إلى يوم القيامة لمن صحة نيته، وسلمت طويته، ولم يكن به مكذبا، ولا يشربه مجربا، فإن الله مع المتوكلين، وهو يفضح المجربين.

“(Manfaat dari minum air zam-zam) ini akan ada padanya hingga hari kiamat bagi siapapun yang benar-benar yakin niatnya lurus hati nuraninya tidak berdusta padanya dan tidak meminumnya hanya sekedar coba-coba. Karena Allah bersama orang-orang yang bertawakkal dan Allah akan membuka aib bagi orang yang meminumnya hanya coba-coba." (Al Jaami’ li Ahkaamil Qur’an IX:370)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Khasiat Air Zam-Zam"