Sifat Turunan Dan Tiruan Yang Tercela






Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud al Atsary hafidzhahullah

Sikap tanpa ilmu dan mengambil sebagian sikap musyrik dan ahli kitab, serta kaum jahiliyah adalah keburukan yang tercela

Allah Subhanahu wa Ta'ala mengabarkan sikap orang kafir ketika dibacakan ayat-ayat Nya oleh para Rasul dan para Duat kepada mereka:

وَإِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُنَا بَيِّنَاتٍ تَعْرِفُ فِي وُجُوهِ الَّذِينَ كَفَرُوا الْمُنْكَرَ ۖ  يَكَادُونَ يَسْطُونَ بِالَّذِينَ يَتْلُونَ عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا ۗ قُلْ أَفَأُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَٰلِكُمُ ۗ النَّارُ وَعَدَهَا اللَّهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ۖ وَبِئْسَ الْمَصِير

"Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang jelas niscaya engkau akan melihat (tanda-tanda) keingkaran pada wajah orang-orang yang kafir itu. Hampir-hampir mereka meninju/menonjok orang-orang yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka. Katakanlah, "Apakah akan aku kabarkan kepadamu (mengenai sesuatu) yang lebih buruk daripada itu, (yaitu) neraka?". Allah telah mengancamkannya (neraka) kepada orang-orang kafir. Dan (neraka itu) seburuk-buruk tempat Kembali." (QS. Al-Hajj: 72)

Yang namanya sifat dan tabiat bisa di tularkan atau tertiru, baik tabiat atau sifat buruk dan baik. Namun secara naluri biasanya tabiat buruk itu lebih mudah untuk tertular, kadang tanpa sadar.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan tentang sebagian sifat orang kafir yang ingkar pada ayat dan agama Nya.

Di antaranya kebencian dan kemarahan saat mendengar kebenaran dan nasehat.

Inilah kaum kerabat dan keluarga Ibrahim dan Luth alaihimu salam yang berkeinginan untuk mengusir dan merajam dua utusan Allah yang mulia itu.

Inilah Ashabul yasiin yang di rajam kaumnya.

Inilah Rasulullah shalallahu alaihi wa salam yang di lempari batu di thaif oleh penduduknya.

Alangkah celaka dan meruginya kaum itu, tidak lah datang satu Rasul atau pemberi nasehat, kecuali mereka dustakan dan olok-olok.

Tidakkah mereka sedikit berfikir dan duduk dengan tenang mendengar dan memikirkan nasehat itu, bila ada kebaikan mereka ikuti dan bila pun ada kesalahan mereka berhak menolaknya. Dan sebuah nasehat tentu bermanfaat bagi yang menerimanya.

Syaikh Abdurahman bin Nasir As Sady rahimahullah menjelaskan kenapa mereka sampai bersikap semacam itu:
"Apakah orang-orang yang tidak mempunyai dasar ilmu itu, atas tindak tanduknya yang mereka sudah biasa di atasnya berkeinginan untuk (sedikit saja) mengikuti ayat-ayat Allah dan petunjuk yang telah datang kepada mereka atau sudah merasa cukup dengan kebatilan yang sudah meliputi dirinya?

Allah menceritakan dalam firman Nya:
"Apabila di bacakan kepada mereka ayat-ayat Kami"

Yang merupakan seagung-agung ayat, lagi menerangkan kebenaran agar dengannya terbedakan darinya kebatinan, niscaya mereka berpaling dan tidak memperdulikannya. Bahkan "niscaya engkau akan melihat tanda-tanda keingkaran pada wajah-wajah orang kafir itu." Lantaran kebencian dan antipati mereka, kita akan menyaksikan wajah-wajah mereka masam dan cemberut. "hampir-hampir mereka meninju/menonjok orang-orang yang membacakan ayat ayat Kami kepada mereka"

Maksudnya, hampir-hampir saja mereka menimpakan usaha pembunuhan terhadap pemberi nasehat itu dengan tinju atau tonjokkan karena besarnya kebencian serta permusuhan mereka terhadap kebenaran. Dan keburukan yang muncul dari (sifat) mereka (berupa permusuhan pada al haq) merupakan sejelek-jelek keadaan dan sejelek-jelek keburukan. Namun, masih ada sesuatu yang lebih buruk dari itu semua, yaitu keadaan yang akan mereka rasakan nantinya (berupa siksa neraka)..." [Lihat lebih jelas dalam taisir karimir rahman fi tafsir kalami manan surah al hajj surah 22 ayat 72. Terbitan darul alamiyah]

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala melapangkan setiap hati kita untuk menerima kebenaran dan nasehat.

Dan bagi para pemberi nasehat hendaknya bertawakkal, sabar, dan memilki sikap hikmah dan kasih sayang kepada orang lain dan ikhlas dalam dakwahnya.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibrasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibrasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Sifat Turunan Dan Tiruan Yang Tercela"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel