Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wasiat Imam Syafi'i Menjelang Wafatnya






Oleh Ustadz Berik Said hafizhahullah

Berikut wasiat Imam Syafi’i rahimahullah menjelang wafatnya kepada muridnya yang bernama Imam Muzanni rahimahullah:

اتق الله ، ومثل الآخرة في قلبك، واجعل الموت نصب عينيك، ولا تنس موقفك بين يدي الله، وخف من الله عز وجل، واجتنب محارمه، وأد فرائضه،

وكن مع الله حيث كنت، ولا تستصغرن نعم الله عليك ، وإن قلت، وقابلها بالشكر، وليكن صمتك تفكرا وكلامك ذكرا، ونظرك عبرة، اعف عن من ظلمك،

وصل من قطعك، وأحسن إلى من أساء إليك، واصبر على النائبات، واستعذ بالله من النار بالتقوى.

"Bertakwalah selalu kamu kepada Allah, dan terus bayangkanlah tentang kehidupan akhirat dihatimu, jadikanlah kematian selalu di depan matamu, jangan pernah kau lupakan tempat berdirimu di hadapan Allah kelak, senantiasa takutlah engkau kepada-Nya, jauhi olehmu semua larangan-Nya, tunaikan semua kewajibanmu pada-Nya.

Jadikanlah Allah selalu menyertaimu di manapun kamu berada jangan sampai kamu menganggap kecil nikmat yang telah Allah anugerahkan kepadamu walaupun itu sedikit terimalah segala nikmat tersebut dengan rasa syukur,  jadikanlah diam kamu untuk berfikir, bicaramu untuk berdzikir, tatapan mata/pandanganmu jadikan sebagai tempat mengambil pelajaran maafkan orang-orang yang (selama ini) mendzhalimimu.

Sambunglah terus persaudaraan terhadap orang yang selama ini memutuskannya darimu, tetaplah berbuat baik walau terhadap orang yang selama ini berlaku buruk padamu, sabarlah atas musibah yang membelitmu dan mintalah perlindungan kepada Allah dari (panasnya) api neraka dengan ketakwaan". (Taarikh Dimasyqi karya Ibnu Asaakir rahimahullah no. 55460)

Ya Allah, alangkah bagusnya nasihat Imam yang mulia ini. Jadikanlah kami pemilik hati ini Ya Allah. Maafkan segala kelemahan dan kekhilafan kami. Berilah derajat tertinggi pada Imam Syafi’i dan para Imam Ahlus Sunnah lainnya rahimahumullah.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya“.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shllallaahu ‘alaa Muhammadin

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp: 089665842579
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Fanspage: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Wasiat Imam Syafi'i Menjelang Wafatnya"