Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ (تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ)

"Terdapat satu surat dalam Al-Qur’an (yang terdiri atas) tiga puluh ayat, (yang kelak pada hari kiamat) akan memberi syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya), sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu Surat Al-Mulk ayat 1-30): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. [HR. Abu Dawud no.1400, Turmidzi no.2891,Ibnu Majah no.3786, dan lain-lain. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih Abu Dawud no.1400: Hasan. Kata Syu’aib al Arna’uth rahimahullah dalam Takhrij Sunan Abu Dawud no.1400: Hasan karena ada jalur pendukungnya]

Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad hafizhahullah setelah mencamkan hadits di atas, maka beliau berkata:

هذا الحديث دال على فضلها ، وأنها تشفع لصاحبها يوم القيامة ، أي: للذي يقرؤها

“Hadits ini menunjukkan keutamaannya (membaca Surat Al-Mulk dan bahwasanya surat tersebut akan memberikan syafa’at (dengan seizin Allah -pent) baginya, yakni bagi yang (biasa) membacanya“. (Syarah Sunan Abu Dawud oleh Syaikh ‘Abdul Muhsin VII:8).

Sementara itu terdapat atsar dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu yang pernah berkata:

من قرأ (تباركَ الذي بيدِه الملكُ) كلَّ ليلةٍ؛ منعه اللهُ عز وجل بها من عذابِ القبرِ . وكنا في عهدِ رسولِ اللهِ نسميها: (المانعةَ) ، وإنها في كتابِ اللهِ عز وجل سورةٌ من قرأ بها في كلِّ ليلةٍ ، فقد أكثر وأطاب

“Barangsiapa membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalangi ia dari adzab kubur. Kami di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut Al Maani’ah (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” [Atsar di atas diketengahkan oleh an Nasa’i VI:179. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih at Targhib 1475: Hasan]

Pada atsar ini ada tekanan agar membacanya di malam hari. Sementara pada hadits di atas (yang pertama) tak disebutkan siang atau malamnya, sehingga menunjukkan bebas kapanpun.

Yang lebih selamat diutamakan membacanya di malam hari. Namun harus di ingat, membaca di sini bukan sekedar membaca lisan surat tersebut, tapi harus juga merenungi maknanya, dan lalu berusaha semaksimal mungkin jika mampu menghafalnya, dan lebih penting mengamalkan kandungan ayatnya.

Hal ini sebagaimana ditandaskan oleh Fatwa Ulama Saudi berikut:

Ulama Lajnah ad Daa’imah menetapkan -setelah membawakan hadits tentang keutamaan membaca surat Al-Mulk di atas-:

وعلى هذا يُرجى لمن آمن بهذه السورة وحافظ على قراءتها ، ابتغاء وجه الله ، معتبراً بما فيها من العبر والمواعظ ، عاملاً بما فيها من أحكام أن تشفع له .

"Atas dasar itu diharapkan bagi siapapun yang beriman terhadap surat ini, menghafalkannya semata-mata mengharapkan wajah Allah, mau mengambil pelajaran berharga yang terdapat pada surat tersebut, seraya mengamalkan hukum-hukum yang terdapat di dalamnya, maka ia akan mendapatkan syafa’at karena membacanya". (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ no. 9604)

Kesimpulannya, sangat dianjurkan untuk biasa membaca surat Al-Mulk (Tabaarok) dari ayat 1-30. Waktu yang utama membacanya adalah malam hari. Sangat ditekankan juga untuk menghafalkannya.

Lebih penting lagi adalah merenungi ayat-ayatnya dan mengamalkan isi kandungannya semaksimal mungkin. Diharapkan dengan itu semua orang yang membiasakan membacanya kelak akan dapat syafa'at dari surat tersebut dengan seizin Allah.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel