Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sahkah Berqurban Dengan Hewan Betina ?






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ummu Kurzin radhiallahu ‘anha pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertalian dengan hewan aqiqah:

عَنِ الْغُلامِ ثِنْتَانِ ، وَعَنِ الْجَارِيَةِ وَاحِدَةٌ ، لا يَضُرُّكَ ذُكْرَانًا أَوْ إِنَاثًا

"Aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak masalah jantan maupun betina". [HR. Tirmidzi no.1516 dan kata beliau: Hasan Shahih, Nasa’i no.4217, Abu Dawud no.2835, kata Imam Nawawi rahimahullah dalam Al Majmu’ VIII:393: Hasan, kata Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Tuhfatul Maudud 50: Shahih, kata Ibnul Mulaqqin rahimahullah dalam Al Badrul Muniir IX:277: Shahih, kata Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Shahih Tirmidzi no. 1516, Shahih Nasa’i no. 4228: Shahih]

Kata As Syairazi Asy Syafi'i rahimahullah: "Jika dibolehkan menggunakan hewan betina tatkala aqiqah berdasarkan hadits ini, maka hal ini menunjukkan bahwa perkara ini boleh pula untuk berqurban". (Al Muhadzab I:74).

Imam Nawawi rahimahullah berkata:

يصح التضحية بالذكر وبالانثى بالاجماع وفي الافضل منهما خلاف (الصحيح) الذي نص عليه الشافعي في البويطي وبه قطع كثيرون ان الذكر أفضل من الانثى وللشافعي نص آخر أن الانثى افضل

"Sah berqurban dengan hewan jantan dan betina berdasarkan Ijma. Adapun tentang mana yang lebih utama terdapat perselisihan pendapat. Yang benar adalah sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syafi’i rahimahullah dalam riwayat Al Buwaithi, dan sekaligus merupakan pendapat kebanyakan Ulama, bahwa jantan lebih utama untuk dijadikan hewan qurban daripada betina. Asy-Syafi’i rahimahullah mempunyai perkataan lain yang menyatakan betina lebih utama". (Al Majmuu’ VIII:397)

Kesimpulannya, sah berqurban dengan hewan ternak betina. Walau yang utama dengan hewan jantan.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Sahkah Berqurban Dengan Hewan Betina ?"