Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 16-






Bahwa mereka meyakini, bahwa kekokohan di muka bumi itu pemberian dari Allah semata. Allah berikan kepada siapa yang melaksanakan kewajiban yang Allah wajibkan kepadanya berupa ilmu yang bermanfaat dan beramal shaleh.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ.

"Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridhai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik". (QS. An-Nur: 55)

Allah berjanji, Allah mengatakan ini janji Allah kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.

Apa janji-Nya ?

. ‎لَيَسْتَخْلِفَنَّهُم فِي الْأَرْ

Allah akan berikan kepada mereka khilafah di muka bumi, sebagaimana Allah memberikan khilafah kepada orang-orang sebelum mereka.

Allah akan kokohkan untuk mereka agama mereka yang Allah ridhai untuk mereka. Dan Allah akan gantikan setelah rasa takut dengan rasa aman.

Kapan itu terjadi? Yaitu ketika mereka hanya beribadah kepada-Ku saja dan tidak mempersekutukan Aku sedikitpun juga.

Lihat di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala berjanji dan ini merupakan janji Allah. Kapan janji Allah terbukti? Dan untuk siapa? Untuk orang yang beriman dan beramal shaleh.

Apa janjinya? Yaitu khilafah.

Apa syaratnya? Yaitu:
1. mereka hanya beribadah kepada Allah dan menjauhkan kesyirikan.
2. Mereka beriman dan beramal shaleh.
Ini syarat yang harus di penuhi.

Adapun kemudian berkoar-koar menegakkan khilafah, bukanlah itu Manhaj para Nabi. Kenapa? Karena bukanlah tujuan dakwah para Nabi untuk menegakkan Khilafah. Tapi tujuan dakwah para Nabi adalah agar manusia mentauhidkan Allah saja.

Maka dari itulah Manhaj Salaf berkeyakinan bahwa khilafah itu adalah pemberian dari Allah, murni. Ketika kita beriman, beramal shaleh, berilmu, beramal dan hanya mentauhidkan Allah dan menjauhkan kesyirikan maka Allah akan berikan kepada kita apa yang Allah janjikan tersebut.

Dalam ayat tersebut Allah memberikan syarat agar kita di berikan kekokohan di muka bumi dan keamanan itu adalah mentauhidkan Allah dan sesuai dengan syaria’t Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Subahanahu wa Ta'ala juga berfirman:

‎الَّذِينَ إِنْ مَكَّنَّاهُمْ فِي الْأَرْضِ أَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ وَأَمَرُوا بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ

"(Yaitu) orang-orang yang jika Kami beri kedudukan di bumi, mereka melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar". (QS. Al-Hajj: 41)

Ketika mereka di kokohkan di muka bumi, mereka menegakkan shalat, membayar zakat. Kenapa? Karena sebelumnya mereka memang sudah menegakkan shalat dan membayar zakat. Sehingga dengan mereka senantiasa menegakkan syari’at Allah pada diri-diri mereka, Allah pun tegakkan syari’at di negeri-negeri mereka. Jadi ini adalah merupakan janji dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Maka Khilafah tidak mungkin di berikan kepada kaum muslimin, kecuali dengan mengikuti Manhaj Khulafa Ar-Rasyidin yang pertama, Manhaj Nabawiyah, sebagaimana di sebutkan dalam hadits An Nu’man bin Basyir: “Nanti akan ada kenabian kemudian setelah itu Khilafah ‘ala Minhajin Nubuwah kemudian kerajaan yang menggigit, kemudian setelah itu kerajaan yang diktaktor, kemudian kembali kepada Khilafah ‘ala Minhajin Nubuwah."

Jadi akhwat islam bahwa khilafah adalah murni janji dari Allah. Kalau kita ingin mendapatkan janji itu maka laksanakan syariat-syariatnya, yaitu beriman, beramal shaleh.

Dan tidak mungkin beriman dan beramal shaleh kecuali dengan ilmu yang bermanfaat dari Al-Quran hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengikuti Manhaj Salafush Shalih. Terutama itu mentauhidkan Allah dan menjauhkan kesyirikan. Maka dari itulah dakwah salafiyah, sangat menitik beratkan kepada tauhid. Karena itu merupakan asas atau pokok segala amal. Wallahu a’lam.

Oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 16-"