Bolehkah Wanita Merebonding Rambutnya?






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Sampai pertanyaan kepada ana tentang wanita yang rambutnya ikal ingin diluruskan dengan menggunakan alat elektronik bersuhu panas. Juga wanita yang rambutnya lurus ingin dibuat menjadi ikal dengan cara apa yang disebut rebonding.

Jawabannya sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh al ‘Utsaimin rahimahullah:

أهل العلم يقولون: أنه لا بأس بتجعيد شعر الرأس ، وهذا هو الأصل ، فإذا جعدت المرأة رأسها على وجه لا يشابه تجعيد النساء الفاجرات الكافرات فإنه لا بأس به

"Para Ulama mengatakan bahwa tidak mengapa (boleh) melakukan rebonding, inilah hukum asalnya. Dengan demikian jika wanita melakukan rebonding selagi tidak menyerupai model khas wanita pendosa dan wanita kafir, maka tak mengapa.." (Fatawa al Jaami’ah lil Mar’atil Muslimah III:889)

Namun melakukan rebonding atau sejenisnya bagi wanita yang asal hukumnya boleh, dapat berubah menjadi haram jika,

1) Melakukan itu untuk tabbaruj (bersolek) di depan non mahramnya.

2) Jika wanita yang melakukan rebonding atau sejenisnya itu bertujuan meniru-niru gaya khas model rambut wanita fajir (seperti model rambut para artis-artis yang biasa bergelimang dalam kemaksiatan -pent) atau wanita kafir, maka niatkan untuk menyenangkan hati/berhias untuk suaminya (bagi yang telah berkeluarga).

3) Dalam hal wanita memendekkan rambutnya, maka hal itu tidak boleh menyerupai potongan khas model lelaki.

4) Wanita tidak boleh melakukan rebonding atau pemotongan rambut pada salon yang pekerjanya adalah lelaki yang bukan mahram atau dilihat oleh lelaki yang bukan mahramnya.

5) Haram wanita melakukan itu jika tanpa izin suaminya (jika telah bersuami).

6) Tidak menggunakan bahan-bahan haram yang jika dalam pelaksanaannya membutuhkan bahan-bahan untuk merebonding atau lainnya.

(Ana adopsi dari situs https://islamqa.info/ar/139414 hukum wanita memendekkan rambutnya, dan dengan tambahan sumber lainnya)

Kesimpulan
Wanita hukum asalnya boleh melakukan rebonding, atau kebalikannya meluruskan rambutnya yang ikal baik dengan mesin atau manual selagi memenuhi berbagai persyaratan yang disebutkan di atas.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Bolehkah Wanita Merebonding Rambutnya?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel