Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Malaikat-Malaikat Allah?






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Hal ini perlu kita ketahui untuk semakin menambah keimanan kita atas kebesaran Allah sang pencipta para malaikat, disamping ini termasuk informasi aqidah yang harus kita imani.

Jumlah persisnya ada berapa malaikat Allah, tak ada yang tahu selain Allah sendiri. Hal ini Allah ungkapkan dalam Firmannya:

 وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ

"Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu (para malaikat) melainkan Dia sendiri". (QS. Al-Muddassir: 31)

Menafsirkan ayat di atas, maka berkata Imam Al-Qurthubi rahimahullah:

وما يدري عدد ملائكة ربك الذين خلقهم لتعذيب أهل النار إلا هو أي إلا الله جل ثناؤه

"Tidak ada yang tahu jumlah malaikat Tuhanmu, yang Dia ciptakan untuk menyiksa penghuni neraka kecuali Dia, yaitu Allah Ta’ala". (Tafsir Al-Qurthubi XIX:82)

Namun, telah pasti jumlah malaikat itu amat sangat banyak melebihi jumlah manusia sekalipun. Berikut adalah beberapa haditsnya,

Hadits pertama, saat Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam dimi'rajkan, maka diantaranya beliau oleh Malaikat Jibril 'alaihis shalaatu wa sallam ditunjukkan suatu tempat ibadah yang namanya Baitu ma'rur. Kemudian malaikat Jibril 'alaihis shalaatu wa sallam mendeskripsikan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang Baitu ma’mur ini sebagai berikut:

هَذَا البَيْتُ المَعْمُورُ يُصَلِّي فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، إِذَا خَرَجُوا لَمْ يَعُودُوا إِلَيْهِ آخِرَ مَا عَلَيْهِمْ

"Ini Baitu ma’mur, setiap hari ada 70.000 malaikat yang shalat di dalamnya. Setelah mereka keluar, mereka tidak akan kembali lagi, dan itu menjadi kesempatan terakhir baginya". [HR. Bukhari no.3207, Muslim no.164, Ahmad no.17.380, Nasa’i no.448, Ibnu Khuzaimah no.301]

Bayangkan, kalau setiap hari sejak dulu ada 70.000 malaikat yang shalat di Baitul ma’mur. Kemudian besoknya datang lagi malaikat baru 70.000 lagi, dan seterusnya sampai hari kiamat, perkirakan, ada berapa -mungkin- triliyun malaikat 'alaihimus shalaatu wasaam. Allahu Akbar.

Ini baru cerita jumlah malaikat yang shalat di Baitul Ma’mur saja, belum menghitung lainnya.

Hadist kedua,

مَا فِيهَا مَوْضِعُ أَرْبَعِ أَصَابِعَ إِلَّا وَمَلَكٌ وَاضِعٌ جَبْهَتَهُ سَاجِدًا لِلَّهِ

"Tidak ada satu ruang selebar empat jari, kecuali di sana ada malaikat yang sedang meletakkan dahinya bersujud kepada Allah". [HR. Turmudzi no.2312, Ibnu Majah no.3397, Ahmad no.21.0005, Baihaqi no.12.967].

Kata al Haafizh dalam Takhrij Misykaatul Mashabih V:71: hasan. Kata Ibnul ‘Arabi dalam 'Aaridhatul Ahwaadzi V:152: shahih. Kata al Albani -rahimahumullah 'alaihim- dalam Shahih al Jaami’ 2449: hasan.

Hadist ketiga, nabi shallallahu 'alaihi wa sallan bersabda:

يُؤْتَى بِجَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لَها سَبْعُوْنَ أَلْفِ زَمامٍ، مَعَ كُلِّ زَمامٍ سَبْعُوْنَ أَلْفِ مَلَكٍ يَجُرُّوْنَها

"Jahannam akan didatangkan pada hari itu dan jahannam itu memiliki 70.OOO tali kekang, yang setiap tali kekangnya ditarik oleh 70.000 malaikat". [HR. Muslim no.2842]

Dalam hitungan matematis, jumlah malaikat penarik kekang Neraka saja bisa dibayangkan, yakni 70.000 x 70.000 = 4,9 milyar. Allahu Akbar.

Kalau kita menghitung dari tiga hadits shahih di atas saja, yakni setiap hari 70,000 malaikat baru shalat di Baitu Ma’mur, kalikan dengan umur dunia sampai hari kiamat nanti Kira-kira berapa triliun jumlahnya ? Allahu Akbar.

Lantas tambahkan dengan malaikat yang menghuni setiap ruang kosong seluas 4 jari. Dalam hitungan matematis. Berapa luas bumi ini? Bagi dengan kelebaran 4 jari yang paling hanya berapa cm. Bagilah luas bumi dengan sekian cm. Itu malaikat yang menghuni ruang bumi. Allahu Akbar.

Lalu tambahkan dengan Malaikat penarik kekang neraka yang tadi dalam hitungan matematis jumlahnya 4,9 milyar. Berapakah lagi ditambah dengan jumlah malaikat yang selalu ada pada setiap manusia dua malaikat  setiap dua malaikat untuk mencatat segala aktifitas manusia dari dahulu sampai kiamat nanti? Berapa jumlahnya?. Wallahu a’lam.

Bagimana lagi jika dihitung dengan malaikat pemikul ‘Arsy, penjaga syurga, neraka, penjaga gunung, pengatur awan dan hujan dan sebagainya. Allahu Akbar. Betapa besarnya Allah, dan betapa kecilnya kita sebagai manusia.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Jumlah Malaikat-Malaikat Allah?"