Membongkar Toilet Yang Menghadap Kiblat






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Jangan-jangan WC mu masih saja menghadap kiblat atau membelakangi kiblat/ka'bah walau ada bangunannya!

Walau jumhur Ulama membolehkan WC yang ada bangunannya menghadap atau membelakangi arah kiblat, namun yang lebih hati-hati adalah jangan sampai WC kita dibangun dalam posisi semacam itu, dan kalaupun sudah terlanjur jadi usahakan dibongkar lagi.

Ini berdasarkan keumuman hadits:

إذا أتَيْتُمُ الغائِطَ فلا تَسْتَقْبِلُوا القِبْلَةَ، ولا تَسْتَدْبِرُوها ببَوْلٍ ولا غائِطٍ... 

“Kalau anda akan buang air besar atau kecil, jangan menghadap kiblat dan jangan membelakanginya...“ [HSR. Bukhari no.144 dan Muslim no.264]

Syaikh Al Utsaimin rahimahullah menerangkan tentang apa yang harus dilakukan oleh orang yang terlanjur telah membuat WC nya menghadap atau membelakangi kiblat, maka beliau menjelaskan:

نقول: يجب عليه أن ينقضها و يصرفها فإن قال صاحب البيت: أنا أنحرف

Kita tandaskan: "Wajib baginya membongkarnya serta mengarahkan WC tersebut pada selain kiblat." Bila pemilik rumah berkata: "Saya akan menyerong (yakni walau posisi WC nya tetap arah menghadap/membelakangi kiblat, tetapi tetap nanti arah duduk kita di WC tidak menghadap/membelakangi kiblat -pent)"

نقول إذا استطعت أن تنحرف فربما يخلفك من لا ينحرف ، فتكون أنت السبب في انتهاك حرمة الكعبة و على هذا فلابد لمن بنى مراحيضه متجهة الى القبلة أن ينقضها و يوجهها إلى جهة اخرى.

Kita katakan: "Sekiranya kamu mampu untuk duduk menyerong seperti itu, namun terkadang ada orang tak seperti dirimu, dia tidak akan duduk menyerong. Maka engkau menjadi sebab tercorengnya kehormatan ka’bah". Dengan demikian, maka orang yang terlanjur membangun WC menghadap kiblat harus membongkarnya dan mengarahkannya kearah lain." (Syarah Bulughul Maram oleh Syaikh Al ‘Utsaimin rahimahullah I:245)  

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Membongkar Toilet Yang Menghadap Kiblat"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel