Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari Hobi Mengoleksi Pakaian Tanpa Ada Kebutuhan



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah memperingatkan:

ومن الاسراف تعدد الملابس بدون حاجة ، فكثير من النساء الان كلما ظهر شكل من اشكال الملابس ذهبت تشتريه حتی تملابيتها من الثياب بدون حاجة ، واذا ظهر شيء يختلف عن الاول بشيء يسير سارعت بشرانه وبعضهن - نسال الله الهدايه - تكون قدرة علی تسخير زوجها بالشراء واضاعة المال ، والواجب علی الرجل ان ينتبه لمسوو ليته فيمنع زو حته من الاسراف

"Di antara perbuatan yang masuk kategori israf (berlebih-lebihan) adalah mengoleksi pakaian tanpa ada kebutuhan mendesak. Kebanyakan wanita di zaman ini, saat tatkala muncul model pakaian baru, maka bergegas berupaya membelinya, sampai rumahnya penuh dengan berbagai jenis pakaian tanpa ada kebutuhan.

Bahkan saat model baru keluar lagi walau sebenarnya hanya sedikit berbeda modifikasinya dengan model yang pertama, maka segera wanita itu membelinya pula.

Lebih dari itu sebagian dari wanita tersebut -kita memohon hidayah kepada Allah- nekad memanfaatkan suaminya dengan membelinya dan menyia-nyiakan hartanya. Atas dasar itu, wajib bagi para suami memberikan peringatan sebagai penerapan bentuk tanggung jawabnya (sebagai kepala keluarga) untuk mencegah istrinya dari sikap israf". (Syarah Kitab Riyadhus Shalihin VI:550).

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hindari Hobi Mengoleksi Pakaian Tanpa Ada Kebutuhan"