Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Masuk Kamar Mandi




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Sementara ini doa masuk kamar mandi yang telah kita biasakan membaca adalah dengan redaksi:

اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

"Allaahumma Innii A'uudzu Bika Minal Khubutsi Wal Khabaa-Its".

Tanpa di awali bacaan Bismillah.

Lantas apakah termasuk sunnah jika sebelum memasuki kamar mandi membaca Bismillah sebelum disambung dengan bacaan di atas? dan kapan doa itu dibaca? Apakah saat masih diluar kamar mandi atau saat sudah masuk kamar mandi?

Doa Masuk Kamar Mandi Yang Sudah Dikenal


Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu menceritakan:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ: اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bila memasuki kamar mandi maka beliau mengucapkan: "Allaahumma Innii A'uudzu Bika Minal Khubutsi Wal Khabaa-Its" (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan)“. [HR. Bukhari no.142, Muslim no.376, Turmudzi no.6, Abu Dawud no.4, Nasa'i dalam as Shughro 19, Ibnu Majah no.298, Daromi no.669, dan lain-lain]

Penjelasan singkat, doa di atas tidak ada redaksi Bismillah.

Lalu, adakah hadits yang menunjukkan saat akan memasuki kamar mandi membaca Bismillah?

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu menceritakan:

 سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

"Tirai penghalang antara mata jin dan aurat manusia bila seseorang memasuki kamar kecil/WC hendaklah membaca Bismillah. [HR.Tirmidzi no.606, Ibnu Majah no.297, al Bazar dalam Musnad-nya 484]

Kata al Hafizh rahimahullah dalam Nataa'ijul Afkar [I:197]: "رواته موثقون" (Seluruh perawinya dapat dipercaya), Kata al  Albani rahimahullah dalam Shahih at Tirmidzi [606], as Shahihah [3611] dan dalam Takhrij Misykatul Mashobih [343]: "Shahih". Sementara dalam al Irwa' [I:88] beliau berkata: "صحيح بمجموع طرقه" (Shahih karena banyaknya jalan periwayatannya).

Bagi yang ingin mengetahui berbagai jalur pendukung hadits ini secara lengkap, silahkan merujuk salah satunya Kitab al 'Ujalah ar Rogghib, yakni kitab takhrij atas hadits-hadits yang terdapat dalam Kitab 'Amalul Yaum wal Lailah karya Ibnu Sunni rahimahullah yang ditakhrij oleh Syaikh Salim al Hilalaali hafizhahullah [I:59-60].

Dalam hadits shahih ini jelas ada juga anjuran membaca Bismillah sebelum memasuki kamar mandi.

Apakah doa di atas baik Bismillah maupun do'a lanjutannya yang biasa kita amalkan yakni "اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (Allaahumma Innii A'uudzu Bika Minal Khubutsi Wal Khabaa-Its)" dibaca saat akan masuk kamar mandi (masih diluar) atau saat sudah di dalam kamar mandi (saat akan buang airnya)?

Dalam hadits shahih riwayat Bukhari [142], mengenai doa masuk kamar mandi tersebut redaksinya:

 إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْخُلَ

"Bila akan masuk kamar mandi…"

Jadi hadits tersebut menunjukkan bahwa *lucapan Bismillah atau doa masuk kamar mandi tersebut dibaca saat akan masuk kamar mandi, yakni sebelum masuk kamar mandi.

Karena itu dalam Al Mausa'ah al Fiqhiyyah disebutkan:

اتفق الفقهاء على مشروعية التسمية على سبيل الندب , وذلك قبل دخول الخلاء لقضاء الحاجة

"Para pakar fikih telah sepakat disyariatkannya menyebut nama Allah itu bermakna anjuran dan hal itu dilakukan sebelum masuk ke WC untuk buang hajat." (Mausu'ah Fiqhiyyah VIII:88)

Sementara berdasarkan hadits di atas, maka Fatwa Lajnah Da'imah menetapkan:

من آداب الإسلام أن يذكر الإنسان ربه حينما يريد أن يدخل بيت الخلاء أو الحمَّام ، بأن يقول قبل الدخول: (اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث) ، ولا يذكر الله بعد دخوله ، بل يسكت عن ذكره بمجرد الدخول

"Termasuk adab islam adalah hendaknya seseorang menyebut nama Tuhannya saat hendak memasuki kamar kecil atau WC itu ia mengucapkan "Allaahumma Innii A'uudzu Bika Minal Khubutsi Wal Khabaa-Its" dan jangan menyebut nama Allah telah masuk (didalam WC) nya bahkan hendaklah ia diam/tidak menyebut nama Allah saat setelah berada dalam WC tersebut.“ (Fatawa Lajnah Da'imah V:93)

Demikian pula doa keluar kamar mandi yakni Ghuf-raanak itu dibaca saat telah keluar dari kamar mandi.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram      : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web               : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage     : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Doa Masuk Kamar Mandi"