Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Kedurhakaan Kepada Orang Tua




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Perhatikanlah tulisan ringkas berikut dan ajarkan pada anak-anak juga.

Urwah bin Zubair rahimahullah, beliau adalah Ulama pakar hadits dan sejarah era tabi’in. Bahkan beliau dianggap salah satu tokoh yang mulai membukukan hadits. Wafat tahun 94 H/713 M. Beliau pernah berkata:

ما بر والديه من أحد النظر إليهما.

“Seseorang tidak dianggap berbakti kepada kedua orang tuanya bila ia masih berani (matanya) menatap tajam kepada kedua orang tuanya". (Al Birr wa As shilah, karya Ibnul Jauzi rahimahullah I:116)

Ali bin Husain rahimahullah, beliau Imam Ahlu Sunnah yang seringkali nama beliau dicatat secara bathil oleh kalangan Syi’ah. Beliau dikenal ahli zuhud dan amat wara yang sangat sulit dicari tandingannya. Ahli ibadah yang amat terkenal, yang sampai digelari As Saajid (orang yang banyak sujud). Beliau adalah cucu dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu. Wafat tahun 95 H. Dikisahkan:

وكان زين العابدين بن الحسين غاية في بره بأمه، فقيل له: إنك من أبر الناس بأمك، ولسنا نراك تأكل معها في صحفة؟

Adalah Zainul Abidin bin Al Husain telah mencapai puncaknya dalam hal berbakti kepada ibunya. Maka ditanyakan kepada beliau: “Engkau dikenal sebagai orang yang paling berbakti terhadap ibumu, namun kami belum pernah melihat engkau makan satu nampan bersama ibumu ?

فقال: أخاف أن تسبق يدي إلى ما سبقت إليه عينها، فأكون قد عققتها!

Ali bin Husein radhiallahu ‘anhu menjawab: “Aku khawatir (saat aku makan bersama dengan ibuku satu nampan) maka tanganku akan lebih mendahului tangan ibuku saat mengambil makanan, jika demikian maka aku termasuk telah mendurhakai". (Birrul Waalidain, karya Azhari Ahmad Mahmud hal.15-16)

Masya Allah.

Ibnu Muhairiz rahimahullah, beliau seorang pemuka Ulama di zaman tabi’in dan beliau juga meriwayatkan hadits. Beliau mengkhatamkan Al-Quran seminggu sekali, beliau wafat di era pemerintahan khalifah Al Walid bin Abdul Malik. Beliau pernah berkata:

من مشى بين يدى أبيه فقد عقه، إلا أن يمشي فيميط له الأذى عن طريقه، ومن دعا أباه باسمه، أو بكنيته فقد عقه، إلا أن يقول: يا أبه .

"Barangsiapa berani berjalan didepan Ayahnya, berarti ia telah mendurhakai. Kecuali kalau karena hendak menyingkirkan duri dari jalan. Dan barangsiapa berani memanggil Ayahnya dengan namanya saja atau kunyahnya, berarti ia pun telah durhaka kepadanya. Kecuali kalau ia menyebut Ayahnya dengan Abah“. (Al Birr wa As shilah, karya Ibnul Jauzi rahimahullah I:116)

Imam Mujadid rahimahullah, beliau adalah seorang Imam di masa tabi’in, di kenal sebagai pakar fiqh dan tafsir yang amat mumpuni. Beliau juga banyak meriwayatkan hadits. Wafat tahun 104 H/722 M. Beliau pernah berkata:

لا ينبغي للولد أن يدفع يد والده عنه إذا ضربه، قال: ومن شد النظر إلى والديه فلم يبرهما، ومن أدخل عليهما حزنا فقد عقهما .

"Tidak sepatutnya seorang anak mencoba menahan tangan orang tuanya yang hendak memukulnya." Beliau juga berkata: "Barangsiapa (seorang anak) yang menatap tajam kepada kedua orang tuanya, maka ia tidak berbakti kepada kedua orang tuanya. Dan barangsiapa yang melakukan sesuatu yang membuat kedua orang tuanya sedih, maka sungguh dia telah mendurhakai kedua orangtuanya." (Al Birr wa As shilah, karya Ibnul Jauzi rahimahullah I:116)

Lantas, bagaimana sikap kita kepada orang tua kita hari ini atau sikap anakmu kepadamu jika kamu telah memiliki anak ? Bahkan bagaimana lagi ada anak yang tega membunuh orang tuanya ?

Ya Allah, Aku mohon ampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Bentuk Kedurhakaan Kepada Orang Tua"