Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Berteman Dengan Orang Shalih




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ternyata teman yang shalih kelak ia akan bisa menjadi pemberi Syafa'at -menyelamatkan kita dari Api Neraka- dengan seizin Allah. Maka, kenalilah sebanyak mungkin orang shalih, pilihlah teman dekatmu dari kalangan Ahlus Sunnah Salafiyyun yang taat.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

حتَّى إذا خَلَصَ المُؤْمِنُونَ مِنَ النَّارِ، فَوالذي نَفْسِي بيَدِهِ، ما مِنكُم مِن أحَدٍ بأَشَدَّ مُناشَدَةً لِلَّهِ في اسْتِقْصاءِ الحَقِّ مِنَ المُؤْمِنِينَ لِلَّهِ يَومَ القِيامَةِ لإِخْوانِهِمُ الَّذِينَ في النَّارِ، يقولونَ: رَبَّنا كانُوا يَصُومُونَ معنا ويُصَلُّونَ ويَحُجُّونَ، فيُقالُ لهمْ: أخْرِجُوا مَن عَرَفْتُمْ، فَتُحَرَّمُ صُوَرُهُمْ علَى النَّارِ، فيُخْرِجُونَ خَلْقًا كَثِيرًا قَدِ أخَذَتِ النَّارُ إلى نِصْفِ ساقَيْهِ، وإلَى رُكْبَتَيْهِ…

“Setelah orang-orang mukmin itu dibebaskan dari Neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu bersemangat dalam memohon kepada Allah untuk memperjuangkan hak untuk saudara-saudaranya yang berada di dalam Neraka pada hari kiamat". Mereka memohon, "Wahai Tuhan kami, mereka itu pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji". Dijawab: "Keluarkan (dari Neraka) orang-orang yang kalian kenal (saat di dunia)". Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh Api Neraka. Para mukminin inipun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di Neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya..." [HR. Muslim no.183]

Atas dasar ini maka Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah mengatakan:

استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة

"Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki Syafa'at pada hari kiamat". (Ma’alimut Tanzil IV/268)

Ana memohon kepada Allah semoga seluruh kawan-kawan ana baik yang di dunia nyata atau di dunia maya ini adalah dari kalangan orang shalih yang berjalan di atas Manhaj Ahlus Sunnah Salafi, yang kelak mereka tidak akan melupakan ana sampaipun di kehidupan akhirat, Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Manfaat Berteman Dengan Orang Shalih"