Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke-1-






Kata beliau (Syaikh Al Ubailaan): Agama kita dibangun diatas 2 pokok yang agung.

Yang pertama yaitu ikhlas, mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah Subhaanahu wa Ta'ala.

Yang kedua adalah Mutaba'ah (ittiba kepada Nabi shalallahu alaihi wa sallam).

Ini adalah merupakan 2 pokok yang agung, yang merupakan makna daripada Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah.

Ketika kita mengucapkan Asyhadu alla ilaaha illallah artinya mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah Subhaanahu wa Ta'ala. Dan ketika kita mengatakan wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah artinya kita memurnikan ittiba atau mutaba'ah kepada Nabi shalallahu alaihi wa sallam. Dimana amal kita harus sesuai dengan apa yang di syari'atkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa Sallam

Allah berfirman dalam surat Al-Mulk ayat 2:

‎الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ

"Dialah Allah yang telah menciptakan kematian dan kehidupan agar Allah menguji kalian siapa diantara kalian yang lebih baik amalnya."

Berkata Al-Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah: "Yang lebih baik amalnya, artinya yang paling ikhlas dan yang paling benar."

Yang paling ikhlas artinya yang betul-betul karena Allah. Dan yang paling benar artinya yang sesuai dengan sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa Sallam.

Kata Beliau (Syaikh Al Ubailaan): Manusia di lihat dari 2 pokok ini, ada 4 macam:

Pertama, Ahlul Ikhlas.

Mereka adalah orang-orang yang betul-betul ikhlas wal Mutaba'ah (dan betul-betul mengikuti Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam). Maka ini adalah derajat yang paling tinggi.

Kedua, Orang yang tidak ikhlas dan tidak pula mutaba'ah.

Sudahlah hatinya tidak ikhlas, tidak mengharapkan wajah Allah, sudah begitu tidak sesuai dengan contoh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Ini yang paling buruk tentunya

Ketiga, Orang yang ikhlas amalannya, tapi tidak sesuai dengan contoh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam, namun ia berbuat mengada-ada kebid'ahan. Maka amalannya juga tertolak.

Keempat, Orang yang amalannya sesuai dengan sunnah Rasul tapi tidak ikhlas, maka inipun sama tidak diterima oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala.


Maka yang terbaik adalah yang pertama, yang sesuai dengan sunnah Rasulullah dan ia ikhlas di dalam mengamalkan ibadah tersebut.

Maka setiap kita berusahalah semaksimal mungkin akhawati islam untuk merealisasikan keikhlasan dengan cara mengikhlaskan amalan hanya untuk Allah, bukan karena pujian manusia, bukan pula karena mengharap dunia, tidak pula karena ia ingin diberikan kesenangan dari kehidupan dunia ini. Maka ini adalah merupakan akhawati islam kaidah yang harus benar-benar kita perhatikan dalam masalah tarbiyah dan islah, yaitu ikhlas dan mutaba'ah. Wallahu a'lam

Oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibrasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibrasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke-1-"