Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lailatul Qadar






Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اِنَّاۤ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَاۤ اَدْرٰٮكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۗ  لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ ۗ  تَنَزَّلُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَا لرُّوْحُ فِيْهَا بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ ۚ مِّنْ كُلِّ اَمْرٍ ۛ  سَلٰمٌ  ۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadar, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para Malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar". (QS. Al-Qadr: 1-5)

Dari Aisyah radhiallahu 'anha beliau berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذ دخل العشرا الاواخر من رمضان احيا الليل ، و ايقظ اهله ، و جد ، و شد المئزر

"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bila beliau memasuki sepuluh akhir Ramadhan, beliau menghidupkan malamnya membangunkan keluarganya, beliau bersungguh-sungguh dan memperkuat ikatan kain sarungnya". [Muttafaqun'alaih]

Berkata Imam Mujahid rahimahullah menafsirkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

سَلٰمٌ  ۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

"Sejahteralah (malam itu) sampai terbitnya fajar." (QS. Al-Qadr: 5)

Keselamatan dari penyakit, setan tidak akan mampu melakukan tipu muslihat pada malam itu, lailatul qadar adalah malam selamat sejahtera, tidak ada penyakit padanya, tidak pula setan keluar padanya, malam itu malam selamat, setan tidak mampu melakukan kejahatan, tidak pula terjadi satu gangguan (tenang).

Ad Dahak rahimahullah meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Pada malam itu setan di belenggu, ifrit di rantai, pintu-pintu langit di buka, di malam itu Allah Subhanahu wa Ta'ala menerima taubat semua orang yang taubat".

Saat membahas lailatul qadar Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata: "Wahai anak Adam ! Sekiranya engkau mengetahui kadar dirimu, tentu kamu tidak akan membuatnya hina dengan maksiat, engkau adalah terpilih dari seluruh makhluk jika engkau bertaqwa maka Surga itu adalah tempat bagi orang yang bertaqwa, sedang dunia adalah tanah milik setan. Setan di dunia sebagai makhluk yang di tangguhkan.

Lantas, bagaimana engkau merelakan diri berpaling dari bagianmu di akhirat dan berebut dengan iblis di tanah yang jadi bagian mereka ? Juga, bagaimana bisa engkau ridha jika kelak engkau tinggal bersamanya di dalam Neraka sebagai pengikutnya ?

Bergembiralah wahai kaum muslimin ! Inilah pintu-pintu Surga yang delapan pada bulan di buka untuk kalian, aromanya semerbak menyentu setiap hati kaum yang beriman sedang pintu-pintu Neraka di tutup untuk kalian serta kaki-kaki iblis beserta pasukannya di belenggu untuk kalian. Pada bulan ini, balaskanlah dendam kalian pada iblis sehingga ahli maksiat di bebaskan dari tawanannya, sehingga mereka tidak memiliki bekas maksiat di sisi Allah sedikit pun.

Tadinya mereka adalah benih-benih pengikut setan yang di cekoki iblis dengan syahwat tetapi hari ini mereka (para pendosa) meninggalkan sarang-sarangnya (setan), mereka putuskan tali-tali ikatan dan jerat-jerat setan dengan kesungguhan taubat dan istighfar, mereka putuskan punggung iblis dengan kalimat tauhid, serta merta iblis pun mengerang kesakitan.

Pada bulan Ramadhan ini iblis mencaci dirinya sendiri dan mendoakan celaka atasnya, ketika ia melihat rahmat dan ampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala turun kepada kaum muslimin.

Wahai hamba-hamba Allah !!! Bulan ramadhan telah masuk paruh pertama, siapa yang telah bermuhasabah karena Allah dan menyadari semua dosa dan kesalahanya ? Siapa di antara kalian yang telah menunaikan hak bulan ini ? Siapa di antara kalian yang hendak membangun istana, sebelum pintu-pintu Surga di tutup ?..."  (Kitab Lathaifu Maarif 356)

Berkata istri Hubaib berkata pada suaminya di malam-malam akhir Ramadhan: "Malam-malam telah berlalu dan jalan panjang di depan kita, sementara bekal kita masih sedikit dan rombongan orang-orang shalih telah berlalu di depan kita, adapun kita masih saja tetap di tempat ini tertinggal".

Mengenai hadits Aisyah radhiallahu 'anha di atas yang telah kami (Abu Abd rahman) sebutkan:

و شد المئزر

"Dan memperkuat ikatan kain sarungnya."

Para Ulama telah berselisih, namun yang paling mendekati kebenaran maknanya adalah sebagaimana di sebutkan dalam kalimat:

شددت لهذا الأمر مئزر

Untuk perkataan, "Untuk perkara ini aku akan kencangkan sarungku" bermakna, bahwa beliau menunjukkan kesungguhan dalam beribadah pada hari-hari itu dan menjauhi istri-istrinya sementara waktu untuk fokus pada ibadah, ada juga yang memaknai menjauhi tempat tidurnya yakni tidak tidur malam sampai Ramadhan berakhir dan beliau beritikaf di akhir-akhir hari Ramadhan.

Kenapa harus bersungguh-sungguh pada hari-hari malam qadar ?

Mengenai firman Allah Subhanahu wa Ta'ala di surah Al-Baqarah ayat 187:

فَا لْــئٰنَ بَا شِرُوْهُنَّ وَا بْتَغُوْا مَا کَتَبَ اللّٰهُ لَـكُمْ

"Maka sekarang campurilah mereka (istri) dan carilah apa yang telah di tetapkan Allah bagimu."

Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata: "Tatkala Allah Ta'ala mengijinkan berkumpul dengan istri di malam Ramadhan, bersamaan dengan itu Allah memerintahkan untuk mencari malam qadar, hal ini di maksud agar kaum muslimin tidak terus terlena untuk menikmati hal-hal mubah sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapat lailatul qadar".

Kapan Terjadinya Lailatul Qadar ?


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memotivasi umatnya untuk mencari lailatul qadar terutama di malam-malam yang ganjil, sebagaimana sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam:

تحروا ليلة القدر فی الوتر من العشر الاواخر من رمضان

"Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan". [HR. Al-Bukhari no.2017]

Dalam hadits tentang lailatul qadar, di ceritakan oleh Shahabat Abu Said Al-Khudri tentang salah satu kisah pada malam qadar itu:

فاستهلت السماء في تلك الليل فامطرت فوكف المسجد في مصلى النبي صلى الله عليه وسلم ليلة إحدى و عشرين فبصرت عيني رسول الله صلى الله عليه وسلم  ونظرت اليه اصرف من الصبح و وجهه ممتلئ   طينا و ماء

"Lantas turun hujan dari langit dengan deras, lalu air mengalir dari atap masjid sampai di tempat shalat Nabi pada malam dua puluh satu Ramadhan, maka aku lihat dengan mataku Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selesai shalat Shubuh, saat itu wajah beliau penuh dengan bekas lumpur (tanah) dan air". [Muttafaqun'alaih]

Para Ulama berselisih kapan terjadinya lailatul qadar, ada yang mengatakan malam 17, 21, 23, 25, 27, 29, dan pendapat-pendapat yang lain. Kita tidak perlu membahas terlalu jauh perbedaan Ulama dalam masalah kapannya.

Tanda-Tanda Lailatul Qadar


Malam lailatul qadar memiliki beberapa tanda, diantaranya:

1. Udara dan angin sekitar terasa tenang.

Dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ليلة القدر ليلة سمحة طلقة لا حارة ولا باردة تصبح شمسها صبيحتها ضعيفة حمراء

"Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan keindahan, tidak begitu panas dan tidak begitu dingin. Pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan". [HR. Ath-Thayalisi dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18: 361. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no.5475]

2. Lailatul qadar dapat dilihat dalam mimpi, sebagaimana terjadi pada sebagian Shahabat.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اني كنت اريت ليلة القدر، ثم نسيتها، وهي في العشر الاواخر من ليلتها، وهي ليلة طلقة بلخة لا حاره ولا باردة

"Sesungguhnya aku pernah diperlihatkan (bermimpi) lailatul qadar, kemudian aku dibuat lupa, dan malam itu pada sepuluh malam terakhir. Malam itu malam yang mudah, indah, tidak (berudara) panas maupun dingin". [HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya 3/330 no.2190, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya 8/443 no.3688, dan lain-lain. Dan hadits ini dinyatakan shahih lighairihi oleh Al-Albani dalam kitabnya At-Ta’liqatul Hisan ‘ala Shahih Ibni Hibban 5/445 no.3680]

3. Turun hujan pada malam tersebut.

Dari Abu Sa’id radhiallahu’ anhu, ketika beliau mengabarkan tentang jatuhnya malam lailatul qadar:

ﻓﻤﻄﺮﻧﺎ ﻟﻴﻠﺔ ﺛﻼﺙ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ

"Dan turun hujan pada kami pada malam dua puluh tiga (Ramadhan)". [HR. Bukhari no.2118 dan Muslim no.1168]

4. Pada pagi harinya matahari terbit tidak menyilaukan mata.

Dari Ubay radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صبيحة ليلة لقدر تطلع الشمس لا شعاع لها كأنها طست حتى ترتفع

"Pagi hari malam lailatul qadar, matahari terbit tidak ada sinar menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi". [HR. Muslim no.762]

Tapi, bagaimana kita bisa beramal di malam-malam itu. Dan harus di yakini, Allah Subhanahu wa Ta'ala sengaja dengan hikmah dan ilmu-Nya menyembunyikan malam keberkahan itu, malam yang lebih baik dari seribu bulan, agar para hamba-Nya, bersungguh dan berlomba untuk mencari dan beribadah di malam-malam Ramadhan.

Semoga kita semua di takdirkan bertemu dengan malam mulia ini.

Apa Yang Di Baca Di Malam Lailatul Qadar ?


Di sebutkan dalam hadits Aisyah radhiallahu 'anha saat bertanya pada Rasulullah shalallahu alaihi wa salam: _"Apa yang di ucapkan pada malam-malam yang di harap datangnya lailatul qadar, beliau mengajarkan doa:_

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

"Ya Allah sesungguhnya engkau Maha Pemaaf, suka memaafkan, maka maafkan (ampuni) aku". [HR. Tirmidzi, hasan shahih]

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala, berkenan mengampuni dosa kita semua, orang tua kita, guru-guru kita, saudara saudari kita, suami istri kita, anak-anak kita dan yang kita cintai dari teman dan seluruh orang yang kita kenal. Sesungguhnya Dia maha mendengar permohonan dan maha mengetahui.

________
Di tulis bada tarawih, malam ke sembilan dari awal Ramadhan.

________
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
Group WhatsApp: http://wa.me/6289665842579
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Lailatul Qadar"