Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Benar Habib Itu Keturunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?






Pertanyaan :


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama: Ahyadi Khoirul Anam
Dari Group Manhaj salaf Ikhwan 2

Apakah benar habib-habib di Indonesia itu keturunan Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam?

Jawab :

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Istilah habib adalah istilah baru, istilah untuk keluarga Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam adalah ahlul bait yakni istri, anak, dan kerabat beliau.

Di kisahkan, seseorang di Baghdad (tidak tau dia sunni atau syiah) yang mengaku ahlul bait, mengungsi ke Hadrahmaut Yaman. Lalu keturunannya membuat aturan-aturan dalam keluarga dengan sebutan habib, habibah karena klaim sebagai keluarga Nabi dari trah Husain. Dan mereka menyebut syarif atau hasaniyah, atau syarifah bagi keturunan Hasan. Kemudian keturunan mereka menyebar di beberapa negara, dan saling berkomunikasi dengan menyebut habib.

Secara syariat, nasab wajib di buktikan dengan nasab, kita tidak bisa benar atau salahkan.

Saya tantang para pengklaim keturunan Nabi itu untuk membuktikan katanya ada bekas rambut Nabi (contoh yang di bawa opick si penyayi itu) coba tes DNA, apa ada keidentikan ?

Apa rambut Nabi palsu, atau mereka yang dusta atas pengakuan sebagai keturunan Nabi shalallahu 'alaihi wa salam.

Nasab tidak bermanfaat bila tidak di iringi dengan amal shalih. Anda tidak mulia dengan pengakuan bahwa anda keturunan orang mulia sedang amal anda menyelisihi kakek anda.

Saya yakin dengan peneliti dan sejarah, bahwa orang yang mengaku habib itu 90% berdusta, mereka hanya ingin hak khusus dari penghormatan manusia pada mereka dan mengklaim hak istimewa untuk dibedakan dengan orang lain dengan mengaku keturunan Nabi, dan mereka membuat-buat nasab sendiri.

Nasalullaha salama wal afiah.

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

12 komentar untuk "Apakah Benar Habib Itu Keturunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?"

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Afwan admin izin ambil gambarnya untuk stiker cesinh hp
    Jazakallah Khairan

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh..
    Tidak sepantasnya kita meragukan/menanyakan nasab seseorang tanpa tujuan yang syar'i, karena ini salah satu yang dilarang..

    حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا أَبَانُ بْنُ يَزِيدَ ح و حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ وَاللَّفْظُ لَهُ أَخْبَرَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى أَنَّ زَيْدًا حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا سَلَّامٍ حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا مَالِكٍ الْأَشْعَرِيَّ حَدَّثَهُ
    أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَرْبَعٌ فِي أُمَّتِي مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ لَا يَتْرُكُونَهُنَّ الْفَخْرُ فِي الْأَحْسَابِ وَالطَّعْنُ فِي الْأَنْسَابِ وَالْاسْتِسْقَاءُ بِالنُّجُومِ وَالنِّيَاحَةُ وَقَالَ النَّائِحَةُ إِذَا لَمْ تَتُبْ قَبْلَ مَوْتِهَا تُقَامُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَيْهَا سِرْبَالٌ مِنْ قَطِرَانٍ وَدِرْعٌ مِنْ جَرَبٍ


    Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami 'Affan telah menceritakan kepada kami Aban bin Yazid -dalam jalur lain- Dan telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur -dan lafazh juga miliknya- telah mengabarkan kepada kami Habban bin Hilal telah menceritakan kepada kami Aban telah menceritakan kepada kami Yahya bahwa Zaid telah menceritakan kepadanya bawah Abu Sallam telah menceritakan kepadanya bahwa Abu Malik Al Asy'ari telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada empat perkara jahiliyah yang masih melekat pada umatku dan mereka belum meninggalkannya: Membanggakan kedudukan, mencela nasab (garis keturunan), meminta hujan dengan bintang-bintang, dan niyahah (meratapi mayit)." Dan beliau bersabda: "Orang yang meratapi mayit, jika ia belum bertaubat sebelum ajalnya tiba maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan memakai baju panjang yang berwarna hitam dan memakai tameng dari pedang yang sudah karatan." (HR. Muslim 1550. No 934 versi Syarah Shahih Muslim)

    Mohon ditinjau kembali tulisannnya. Karena tulisan di atas cenderung menghakimi orang yang bergelar habib dengan kalimat:
    1. "Saya tantang para pengklaim keturunan Nabi itu untuk membuktikan katanya ada bekas rambut Nabi (contoh yang di bawa Fulan si penyayi itu) coba tes DNA, apa ada keidentikan?"


    2. "Saya yakin dengan peneliti dan sejarah, bahwa orang yang mengaku habib itu 90% berdusta, mereka hanya ingin hak khusus dari penghormatan manusia pada mereka dan mengklaim hak istimewa untuk dibedakan dengan orang lain dengan mengaku keturunan Nabi, dan mereka membuat-buat nasab sendiri."

    Hendaknya pula kita tidak menyampaikan cerita2 yang tidak jelas sanadnya, seperti:
    "Di kisahkan, seseorang di Baghdad (tidak tau dia sunni atau syiah) yang mengaku ahlul bait, mengungsi ke Hadrahmaut Yaman. Lalu keturunannya membuat aturan-aturan dalam keluarga dengan sebutan habib, habibah karena klaim sebagai keluarga Nabi dari trah Husain. Dan mereka menyebut syarif atau hasaniyah, atau syarifah bagi keturunan Hasan. Kemudian keturunan mereka menyebar di beberapa negara, dan saling berkomunikasi dengan menyebut habib."

    Hendaknya kita tidak berprasangka buruk terhadap seseorang.

    Adapun pertanyaan2 seperti ini hendaknya tidak dipublikasikan dan dijawab personal saja agar tidak menyebabkan fitnah.

    Semoga Allah senantiasa menjaga antum sekeluarga..

    Wallahu'alam.

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

    Disitukan kan dikatakan Nasab tidak bermanfaat bila tidak di iringi dengan amal shalih.

    Dan faktanya malah habib-habib itu melenceng dari Sunnah...
    Banyak yang melakukan bid'ah, bahkan ada pula yang melakukan kesyirikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan tetapi anda membuat klaim tanpa bukti, sedang pihak mereka punya pohon nasab yang lengkap

      Hapus
  4. ini tendensius sekali mengatakan mengaku-ngaku ahli bait. saya mau koreksi, mereka bukan dari baghdad tapi bashrah. mereka jelas bukan syiah karena anak keturunan mereka bernama abu bakar atau umar.

    anda mengatakan keturunannya membuat aturan2 dengan sebutan habib, lah sumbernya dari mana?bukan habib cuma gelar yang disematkan masyarakat?

    habib dan habibah keturunan husain?syarif dan syarifah keturunan hasan?ini ngawur. diketurunan husain pun ada gelar syarifah

    anda mengatakan nantang test dna, harusnya anda nantang sambil modalin buat test dna

    anda mengatakan 90% mereka berdusta?hati-hati anda mengatakan begitu karena sama saja mengatakan mereka anak zina

    saya sepakat tentang banyaknya para habib yang melenceng dari rasulullah dan nasab tidak mampu menolong mereka tapi saya juga percaya mereka adalah keturunan dari rasulullah. urusan mereka ahlul bid'ah ya bukan berarti nasab mereka terputus

    kalau ada ilmunya luas pasti anda tau ulama-ulama salafi di yaman yang juga bergelar habib

    anda ngaku ngaku bermanhaj salaf malah menyelisi salaf yaitu memberi bantahan tapi tidak pakai hujjah

    BalasHapus
  5. Subhanallah .semoga anda diberikan hidayah.jgn membelah umat dengan ilusi dan pimikiran manusia.alloh akbar.

    BalasHapus
  6. Semoga Allah memberikan pintu hidayah bagi kita semua!
    Postingannya aku baca seolah ada dorongan amarah dan kebencian dari Antum terhadap Ahlul bayt, kebanyakan dosa itu berasal dari lidah! Ada fenomena anak muda yang belajar agama, Mengaku menggenggam Sunnah tapi yang bikin heran lidahnya tajam mencelah, postingannya agama tapi
    gunjingannya terhadap ulama ikut juga, anak muda seperti ini gurunya siapa yah? Do'akan ana ustadz semoga diberi hidayah,

    BalasHapus
  7. Berarti habib2 salafi yg diyaman dan madinah itu pendusta donk? Oh ya di indonesia jg banyak habib bermanhaj salaf,, syeikh bin baz , dzakir naik , syeikh muhammad bin abdul wahab, mereka menghormati ahlul bayt terlepas apapun mereka , ini salafi aliran indonesia kok aneh2 nya, iya sih mayoritas ulama2 dunia dan para pendiri ormas islam terbesar didirikan oleh para ahlul bayt, serta raja2 negara muslim bnyak dari ahlul bayt sperti brunei, maroko, yordania dll,, tapi mohon jaga lisan dalam ingin mempopuler dakwah antum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mrk mengaku habib? Dan dari mana lagi tuh Syaikh bin Baz dari indo?

      Hapus
  8. Ana punya teman. Teman ana tersebut sangat mencintai para habib dan sering membangga banggakan nya. Cuman ada satu yang mengheran kan saat dia posting status di wa, mengatakan ada seorang habib yang datang suatu acara malam hari di masjid tiba tiba lampu mati tentu nya suasana menjadi gelap gulita di saat itu datang seorang habib ke cara tersebut kemudian menjadi terang lah suasana tersebut karena wajah habib ini mengeluarkan cahaya. Sehingga habib tersebut di gelarkan habib neon.
    Setelah ana berfikir apa kah ada dasar kebenaran dari cerita kawan ana tersebut. Siapa kah yang bisa jelasin

    BalasHapus
  9. Dan teman ana tersebut pernah cerita nanti di akhirat para habib akan jadi cahaya. Ada kah hadis nya ini?

    BalasHapus
  10. Jazakallahu khairan, barakallahu fiiq,,

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak