Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 7-






Bahwa mereka mengagungkan seluruh perkara-perkara agama. Maka mereka menyerukan kepada apa yang di seru oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sesuai kemampuan.

Manhaj Salaf tidak pernah meremehkan perkara masalah apapun dari urusan agama. Adapun orang yang tidak mengikuti salaf, mereka meremehkan sebagian perkara agama dengan alasan furu’ (cabang) katanya. Sehingga mereka menganggap bahwa masalah furu’ itu tidak perlu di besar-besarkan.

Sehingga dengan seperti itu mereka tidak menghormati masalah-masalah yang sifatnya furu’. Masalah-masalah yang mereka anggap sepele, seperti masalah jenggot, masalah isbal dan yang lainnya. Sedangkan pengikut Manhaj Salaf tidak pernah meremehkan masalah-masalah agama sekecil apapun juga.

Allah Ta’ala berfirman:

‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah di dalam Islam seluruhnya.” (QS. Al-Baqarah: 208)

Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya, jilid 1 halaman 335: “Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang beriman yang membenarkan Rasul-Nya, agar mereka berpegang kepada seluruh tali-tali Islam dan syari’at-syari’at-Nya. Dan mengamalkan seluruh perintah-perintah-Nya. Dan meninggalkan semua larangan-larangan-Nya. Selama mereka punya kemampuan.”

Allah juga berfirman:

‎ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Siapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah, maka itu adalah termasuk ketaqwa’an hati". (QS Al-Hajj: 32)

Disini Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan bahwa orang yang mengagungkan syiar-syiar Allah, itu adalah menunjukkan ketaqwaan hati. Sedangkan seluruh agama, seluruh yang Allah perintahkan dalam Al Quran dan di perintahkan oleh Rasul, sekecil apapun itu adalah syiar Allah yang harus kita agungkan.

Allah Ta'ala juga berfirman:

‎إِذۡ تَلَقَّوۡنَهُۥ بِأَلۡسِنَتِكُمۡ وَتَقُولُونَ بِأَفۡوَاهِكُم مَّا لَيۡسَ لَكُم بِهِۦ عِلۡمٞ وَتَحۡسَبُونَهُۥ هَيِّنٗا وَهُوَ عِندَ ٱللَّهِ عَظِيمٞ

“Ingatlah ketika kalian mengambilnya dengan lisan-lisan kalian dan kalian mengucapkan dengan mulut-mulut kalian, apa-apa yang tidak ada padanya ilmunya dan kalian menganggap itu hina atau remeh. Padahal itu di sisi Allah besar.” (QS An-Nur: 15)

Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang meremehkan perintah-perintah Allah, syariat Allah yang mereka anggap remeh, maka ini termasuk perkara kemunafikan.

Dan berapa banyak ya akhawat Islam, perkara-perkara yang di anggap remeh, tapi ternyata…سُبْحَانَ اللّهِ … itu tonggak kebaikkan kaum muslimin.

Contoh misalnya masalah yang berhubungan dengan takjil atau mempercepat/mempergegas berbuka puasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Senantiasa umatku diatas kebaikan, selama mereka bergegas berbuka puasa.”

Ini dia masalah meluruskan shaff, ternyata jika kita tidak lakukan itu menyebabkan hati kita bercerai berai.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan Hadits An-Nu’man bin Basyir radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

‎ عِبَادَ اللهِ لَتُسَوُنَّ صُفُوْفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللهُ بَيْنَ وُجُوْهِكُمْ

“Hai hamba-hamba Allah luruskan shaff-shaff dan kalian atau Allah akan jadikan hati kalian bercerai berai.“

Nah ini Ikhwatul Islam, jadi kita didalam mendidik adalah didiklah mereka dalam mengagungkan syariat-syariat Allah sekecil apapun. Selama itu adalah perintah Allah dan perintah Rasul-Nya. Kita mengagungkan Ia. Jangan menganggap remeh masalah yang dianggap katanya furu’ (bercabang).

Wallahu A'lam

Ditulis oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibrasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibrasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 7-"