Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Orang Yang Mengingkari Allah Bersemayam Di Atas 'Arsy-Nya






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Imam Ibnu Khuzaimah rahimahullah berkata:

من لم يُقرّ بأن الله تعالى على عرشه قد استوى فوق سبع سمواته فهو كافر بربه، يُستتاب فإن تاب وإلا ضُربت عنقه.

"Barangsiapa tidak menetapkan bahwa Allah Ta’ala bersemayam di atas ‘Arsy-Nya di atas tujuh langit-Nya, maka dia telah kafir terhadap Tuhannya. Ia mesti dimintai/dituntut untuk bertaubat, maka sekiranya bertaubat. Jika tidak mau bertaubat, maka dipenggal lehernya”. (Lihat Kitab Ma’rifat ‘Uluumil Hadiits wa Kamiyyati Ajnaasihii hal.285 No.187 karya Abu ‘Abdillah al Haakim an Naisaabuuri, Syarah dan tahqiq oleh Ahmad bin Faaris as Saluum. Penerbit Daar Ibnu Hazm)

Sekilas siapa Ibnu Khuzaimah rahimahullah pengucap kalimat di atas.

Beliau pakar hadits dan pakar fiqh sangat handal dari Madzhab Syafi'i. Ulama di penjuru telah memujinya. Lahir tahun 223 H, dan wafat tahun 311 H, dalam usia 88 tahun. Kitabnya yang sangat legendaris adalah Shahih Ibnu Khuzaimah, sebuah kitab berisikan ribuan hadits (lebih dari 3000 hadits). (Walau dalam kitab tersebut sebenarnya tak semuanya shahih). Ulama penjuru dunia memuji beliau setinggi langit.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam al Bidaayah tentang beliau:

كان بحراً من بحور العلم طاف البلاد ورحل إلى الآفاق في الحديث وطلب العلم.

“Beliau adalah lautan dari lautan-lautan ilmu, menyusuri berbagai belahan negeri dan melakukan perjalanan jauh untuk mencari hadits dan menuntut ilmu.”

Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata dalam kitab At Tadzkirah:

الحافظ الكبير إمام الأئمة شيخ الإسلام.

“Al-Hafizh al Kabiir (penghafal hadits yang besar), imamnya para imam, dan Syaikhul Islam (Gurunya orang-orang Islam)."

Saat Ibnu Hatim rahimahullah pakar hadits handal ditanya pendapatnya tentang Ibnu Khuzaimah rahimahullah, maka justru beliau dengan nada marah berkata:

ويحكم هو يسأل عنا ولا يُسأل عنه هو إمام يُقتدى به.

“Celaka kamu! Beliaulah yang seharusnya ditanya tentang kami, dan jangan justru kalian bertanya kepada kami tentang beliau. Beliau adalah seorang imam yang dijadikan teladan".

Abu Abdillaah Al Hakim rahimahullah berkata dalam Ma’rifatu ‘Uluumul Hadiits hal. 104:

فضائل هذا الإمام ومصنفاته تزيد على مائة وأربعين كتاباً سوى المسائل والمسائل المصنفة أكثر من مائة جزء فإن فقه حديث بريرة ثلاثة أجزاء ومسألة الحج خمسة أجزاء” انتهى.

“Imam yang mulia ini telah menghasilkan karya tulis lebih dari 140 kitab diluar kita al-Masaa’il, dan tulisannya mencapai lebih dari 100 juz. Karya beliau dalam bidang fiqh hadits ada 3 juz, dan dalam permasalahan haji ada 5 juz."

Silahkan ringkasan biografi Ibnu Khuzaimah rahimahullah ini salah satunya bisa dilihat pada situs http://www.startimes.com/?t=32557556

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hukum Orang Yang Mengingkari Allah Bersemayam Di Atas 'Arsy-Nya"