Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Dzikir Saat Ruku' Yang Shahih




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ada sekitar 8 do’a dzikir saat ruku’ yang shahih. Ana sebutkan 3 saja untuk kali ini. Bagi yang ingin lebih rinci silahkan buka Shifat Shalat Nabi karya Syaikh Al Albani rahimahullah.

Pertama

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ.

"Subhana Raabiyal ‘Azhiim (Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung)". [HR. Abu Dawud no. 874, Nasa’i no. 1145, dan lainnya bersumber dari Hudaifah Al Yamani radhiallahu ‘anhu. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih An Nasa’i no.1132: Shahih]

Adapun tambahan wabihamdihi ini masih diperselisihkan keshahihannya. Ana telah menulis risalah khusus masalah ini. Agar lebih selamat tidak usah menggunakan tambahan ini, dan pilih yang telah pasti keshahihannya saja.

Kedua

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي.

"Subhanakallaahumma Robbana Wabihamdika Allahummaghfirlii (Maha Suci Engkau wahai Rabb kami, segala pujian bagi-Mu. Ya Allah, ampunilah aku).” [HSR. Bukhari no. 794, Muslim no. 484, bersumber dari Aisyah radhiallahu ‘anha]

Ini yang lebih banyak ana gunakan.

Ketiga

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ، ربُّ الملائكةِ والرُّوحِ.

"Subbuhun Quddusun Rabbul Malaa’ikati war ruuh (Maha Suci Allah Rabb para Malaikat dan Ar Ruuh (Jibril -alaihis shalaatu wa sallam-)". [HSR. Muslim no. 487, bersumber dari Aisyah radhiallahu ‘anha]

Beberapa Penjelasan:

1) Dzikir di atas boleh dipilih manapun yang disukai. Yang utama semuanya diamalkan dibaca bergantian di shalat-shalat kita agar semua sunnah di atas tetap hidup.

2) Menggabungkan segala dzikir di atas dan dzikir lainnya dalam satu ruku', maka hal itu tak ada dalilnya. Maka hendaklah dibaca bergantian. Misal saat dzuhur baca redaksi ruku' dengan dzikir dari hadits yang bersumber dari Aisyah radhiallahu ‘anha. Nanti saat Ashar ruku’ menggunakan dzikir yang bersumber dari Hudaifah radhiallahu ‘anhu, dan seterusnya.

3) Dzikir di atas minimal dibaca dalam satu ruku’ satu kali, utamanya tiga kali, lebih utama lagi lebih dari tiga kali, semisal sepuluh kali.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Dzikir Saat Ruku' Yang Shahih"