Benarkah Talak Adalah Perkara Halal Yang Paling Dibenci Allah?



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Salah satu hadits yang telah demikian masyhur ditengah masyarakat, dan sayangnya juga terkadang disampaikan dimimbar khutbah/ceramah adalah hadits berikut:

أَبْغَضُ الْحَلاَلِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى الطَّلاَقُ

“Perkara yang paling dibenci Allah Ta’ala adalah talak”. [HR. Abu Dawud no.2177, 2178, Ibnu Majah no.2018 dan Baihaqi VII: 322]. Bersumber dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhuma. Juga diriwayatkan oleh ‘Abdur Razak VI: 390, Ad Daraqutnie IV: 35 dengan sedikit perbedaan redaksi dengan hadits diatas, bersumber dari Mu’adz bin Jabal radhialahu ‘anhu.

Derajat Hadits Diatas

Sejumlah Ulama telah melemahkan hadits diatas. Umumnya Ulama melemahkan hadits tersebut karena kemursalannya (terputusnya rangkaian sanad hadits).

Kata Al Baihaqi dalam As Sunan As Shaghir III: 112: "Mursal" (terputus rangkaian sanadnya). Ini juga dikatakan Al Albani dalam Irwaa’ul Ghalil VII: 108. Kata Abu Hatim sebagaimana terkutip dalam Bulughul Maram no.318: “Mursal“. Kata Al Khathabi dalam Ma’aalim As Sunan III: 199: “Mursal". Kata Ibnu Katsir dalam Irsyaadul Faqih II:193: “Mursal“. Kata Adz Dzahabi dalam Talkhish Al ‘Ilal Al Mutanahiyah no.214: “Didalam (sanadnya) terdapat ‘Ubaidillah Al Washaafi, dia matruk (ditinggalkan haditsnya karna tertuduh pendusta)“. Kata Al ‘Utsaimin dalam Syarhul Mumti’ VIII: 13: “lemah!“. Kata Al Albani dalam Ghayatul Maram no.253: "Dha’if", Abi Dawud no.2178: “Dha’if“. Kata Syaikh Muqbil -rahimahumullah ‘alaihim ajma’in- dalam Al Fatawa Al Haditsiyyah II: 327: “Hati tak merasa nyaman untuk menshahihkannya!“

Kesimpulan, tidak boleh menyandarkan perkataan ini pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Benar, tentu saja seorang muslim harus berupaya menghindari perceraian sekuat mungkin, karena hancurnya rumah tangga  muslim merupakan salah satu harapan iblis tertinggi. Tetapi melandaskan upaya menghindari perceraian tak perlu dengan menggunakan hadits yang tidak shahih.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Talak Adalah Perkara Halal Yang Paling Dibenci Allah?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel