LightBlog

Shalat Dengan Pakaian Najis Dalam Keadaan Tidak Tahu

Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah Ini lebih sering terjadi pada ibu-ibu yang masih memiliki bayi. Terkadang sang ibu lupa baj...



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ini lebih sering terjadi pada ibu-ibu yang masih memiliki bayi. Terkadang sang ibu lupa bajunya itu terkena najis dari anak yang digendongnya, atau ia baru tahu ada najis pada pakaiannya dari najis anak yang digendongnya, lalu ia shalat mengenakan baju tersebut. Sang ibu baru ingat atau baru tahu ada najis setelah selesai dari shalatnya. Dalam kondisi seperti ini apakah shalatnya harus diulangi?

Ada dua kondisi dalam kasus ini:

Kondisi pertama, baru ingat ada najis atau baru tahu adanya najis setelah shalatnya selesai. Dalam kasus ini tidak usah diulangi lagi shalatnya. Syaikh bin Baaz rahimahullah berfatwa:

إذا صلى المسلم أو المسلمة في ثوب فيه نجاسة ، سواء كان الثوب سراويل أو قميصاً أو إزاراً ، أو كان فنيلة أو غير ذلك ، ولم يذكر إلا بعد الصلاة ، فإن صلاته صحيحة على الصحيح ... فإن جهله بذلك عذر كالنسيان ، فإذا صلى في ثوب نجس ناسياً أو جاهلاً حتى فرغ من صلاته ، فإن صلاته صحيحة

"Jika seorang muslim atau muslimah shalat sementara pada pakaiannya ada najis, baik pakaiannya itu celana, gamis, kain atas atau kaos atau selain itu, dan tidak teringat kecuali setelah shalat, maka shalatnya sah menurut pendapat yang terkuat... karena ketidaktahuannya, itu termasuk udzur seperti lupa. Dengan demikian saat shalat sementara di bajunya terdapat najis dalam kondisi lupa atau tidak tahu sampai shalatnya selesai, maka shalatnya tetap sah". (Fatawa Nurun ‘Alaa Darbi II: 655)

Kondisi kedua, baru ingat atau baru tahu adanya najis ditengah-tengah ia shalat (belum salam dari shalat).

Dalam hal ini, jika memungkinkan baginya melepaskan benda yang mengandung najis tersebut tanpa terbuka auratnya, maka boleh dilakukan. Seperti ingat ada najis pada kopiah/peci yang dikenakannya, maka bisa ia lepaskan kopiahnya itu ditengah-tengah shalatnya. Tetapi kalau dengan dilepaskan akan terbuka auratnya, maka tak perlu. Maka teruskan saja shalatnya dan tetap sah.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh bin Baaz rahimahullah dalam fatwanya (Fatawa Nurun ‘Alaa Darbi, II: 655), juga difatwakan oleh Syaikh Al ‘Utsaimin rahimahullah dalam Syarhul Mumti’ II: 232.

Alasannya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Shahabatnya radhiallahu ‘anhum, dulu sering shalat di masjid dengan mengenakan sandal, karena saat itu masjid tidak memakai karpet seperti zaman kita.

Nah, pada suatu ketika saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat mengenakan sandal, beliau tak tahu bahwa pada sandalnya terdapat najis. Ditengah shalatnya itu datang malaikat Jibril ‘alaihis shallatu wa sallam dan memberitahu beliau bahwa pada sandalnya terdapat najis. Maka ditengah shalatnya itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung melepaskan sandalnya seraya melanjutkan shalatnya. (Hadits tentang kisah ini terdapat dalam Abu Dawud, dan dishahihkan oleh Al Albani rahimahullah dalam Shahih Abu Dawud no.650)

Hadits shahih diatas menunjukkan bahwa seseorang yang baru tahu atau baru ingat ada najis ditengah-tengah ia sedang shalat, maka tak usah ia membatalkan shalatnya, tetapi cukup melepaskan benda yang mengandung najis itu, selagi dengan melepas itu tak terbuka auratnya.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
📷 Instagram : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Adab & Akhlak,155,Adzan,5,Aqidah & Manhaj,154,Bid'ah,41,biografi,3,fatwa ulama,132,Fiqh Jenazah,7,Fiqh Qurban,13,Fiqh Ramadhan,35,Fiqh Shalat,57,Fiqh Thaharah,9,fiqh wanita,26,Fiqh Zakat,9,hadits,201,Ibadah,89,Iqomah,6,Muamalah,19,Nasehat,169,Puasa,12,Risalah : Do'a & Dzikir,44,Risalah : Keluarga,28,Tafsir,4,Tanya Ustadz,40,Tazkiyatun Nufus,3,Umum,41,
ltr
item
Manhaj Salaf: Shalat Dengan Pakaian Najis Dalam Keadaan Tidak Tahu
Shalat Dengan Pakaian Najis Dalam Keadaan Tidak Tahu
https://1.bp.blogspot.com/-yJwonOzxLes/XapSZ-OEKSI/AAAAAAAAB00/yOCSpVfvlocMb1mhT-2OqQFu1BfVZDbxwCLcBGAsYHQ/s320/pexels-photo-102129.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-yJwonOzxLes/XapSZ-OEKSI/AAAAAAAAB00/yOCSpVfvlocMb1mhT-2OqQFu1BfVZDbxwCLcBGAsYHQ/s72-c/pexels-photo-102129.jpeg
Manhaj Salaf
https://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/10/shalat-dengan-pakaian-najis-dalam-keadaan-tidak-tahu.html
https://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/
http://www.dakwahmanhajsalaf.com/2019/10/shalat-dengan-pakaian-najis-dalam-keadaan-tidak-tahu.html
true
29850523095273762
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy