Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Menamai Anak Perempuan Dengan Fathimah Az-Zahra?




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Secara bahasa makna Az-Zahra sebenarnya bagus, yakni yang putih dan bercahaya. Namun sebutan Az-Zahra bagi Fathimah radhilallahu ‘anha ini ternyata syi'ar yang diorbitkan oleh kalangan Syi'ah. Lebih jelas perhatikan penjelasan di bawah ini.

Syaikh Al Jabiri hafidzhahullah saat ditanya hal ini mengatakan:

هي اسمها - رضِيَ الله عنها - فاطمة، وهي معروفة عند أهل العلم بسيدة نساء العالمين، فلا يجوز ذلك، فمن الخطأ تسمية البنت فاطمة الزهراء، وأخشى أنَّ هذا يعني من تُرَّهات الشيعة. نعم.

"Nama dia radhiallahu ‘anha adalah Fathimah. Beliau telah dikenal di sisi para ahli ‘ilmu  sebagai pemimpin wanita di alam semesta. Maka tidak dibolehkan hal itu (menambahkan redaksi Az-Zahra). Karenanya termasuk kesalahan menamakan anak perempuan dengan Fathimah Az-Zahra. Bahkan saya khawatir penambahan kata Az-Zahra ini bersumber dari propaganda busuk kalangan Syi'ah."

http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=41515&p=120643#post120643

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

5 komentar untuk "Bolehkah Menamai Anak Perempuan Dengan Fathimah Az-Zahra?"

  1. Terus bagaimana ketika sudah terlanjur berikan nama anak kita dibelakangnya dengan Azzahra? Secara kita belum mengetahui hal ini sebelumnya

    BalasHapus
  2. Penambahan Az Zahra, yang gak boleh itu penambahan pada nama Fathimah, karna nama beliau sebenarnya tidak ada penambahan Az Zahra, dan penambahan tersebut dari Syi'ah, kalo selainnya itu boleh-boleh saja. Wallahu A'lam

    BalasHapus
  3. Apakah propaganda busuk syiah yang dimaksudkan... terimakasih

    BalasHapus
  4. بسم الله..jadi bagaimana dengan nama anak kita yang telah terlanjur diberi nama dengan tambahan az-zahra??bolehkah kita menamai ny dengan fathimah az-zahra..karena kita memandang dari segi makna Bahasa Arab ???

    BalasHapus
  5. Di artikelnya sudah sangat jelas, bahwa tidak boleh menggunakan nama itu, lebih baik dengan nama yang lain saja, dan nama fathimah itu sebenarnya gak ada tambahan Az-Zahra itu tambahan dari Syi'ah

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak