Tingkatan Manusia Dalam Meminta Maaf






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Saat Allah menjelaskan sebagian ciri orang yang bertakwa, maka diantaranya Dia Ta’ala berfirman:

...وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ...

“...Dan (mau) memaafkan (kesalahan) orang lain...“ (QS. Ali ‘Imran: 134).

Memaafkan kesalahan orang lain adalah sangat utama, namun meminta maaf disaat salah bahkan wajib hukumnya.

Nah terkait meminta maaf, maka urutan terbaiknya sebagai berikut.

Tingkatan pertama, ini adalah tingkatan yang terbaik. Mereka yang berani mendahului meminta maaf kepada seterunya sekalipun dirinya sebenarnya dalam posisi tidak salah dan bahkan sebenarnya ia diposisi pihak yang benar. Tapi sengaja ia mengalah dan meminta maaf untuk melembutkan hati dan mencegah munculnya perkara yang lebih mudharat, walau ia dengan itu harus mengorbankan gengsinya.

Catatan, permintaan maaf ini bukan terkait dengan hukum masalah agama semisal menetapkan kesyirikan dan kebid'ahan suatu perkara yang walau hal itu bisa saja menyinggung pelakunya. Dari sisi hukum menyampaikannya, maka tak perlu minta maaf, bahkan harus ditegaskan.

Tingkatan kedua, mereka yang posisinya salah, tapi ia kemudian dengan besar jiwa mengakui kesalahannya dan menyampaikan permintaan maafnya dengan tulus, ini tindakan sangat mulia. Tak boleh kita terus membenci orang yang telah menyatakan permintaan maafnya, bahkan harus didukung dan pantas diberikan pujian yang layak.

Tingkatan ketiga, ini kondisi pemilik jiwa yang buruk. Mereka yang sebenarnya hati kecilnya tau posisinya salah, tapi karena ego dan keangkuhannya, ia tak pernah mengucapkan permintaan maaf.

Tingkatan keempat, ini adalah terburuk,  lebih buruk dari tingkatan ketiga. Yakni mereka yang sudah posisinya salah, tapi jangankan meminta maaf duluan, dimintai maafpun dengan blagunya ia tak mau memaafkan, padahal yang meminta maaf itu posisinya lebih benar. Inilah tipe manusia paling brutal dan brengsek.

Maka di manakah posisi kita dalam masalah ini?

Walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin wa shallallahu 'alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Tingkatan Manusia Dalam Meminta Maaf"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel