Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Onani



Pertanyaan:

بــسم اللّٰـه
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Nama: Yanti
Dari Group Manhaj Salaf Akhawat 1

Semoga Allah memberikan rahmat untuk ustadz. Bagaimana hukumnya masturbasi/onani bagi laki-laki atau perempuan. Keinginan menikah beliau kuat, namun belum ada jodoh yang cocok. Beberapa kali ta'aruf selalu gagal. Adakah cara untuk melepas kebiasaan buruk tersebut? Sebenarnya hatinya menolak tetapi syahwatnya tidak bisa dibendung untuk saat ini. Sering kali beliau tersiksa dengan kebiasaan yang buruk itu hingga terkadang ada pikiran untuk mati supaya tidak kecanduan.

Syukron atas perhatiannya. Jazakallah khairan ustadz.

Jawab:

بــسم اللّٰـه
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hal ini hukumnya adalah haram.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَا لَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوْجِهِمْ حٰفِظُوْنَ ۙ  اِلَّا عَلٰۤى اَزْوَا جِهِمْ اَوْ مَا مَلَـكَتْ اَيْمَا نُهُمْ فَاِ نَّهُمْ غَيْرُ مَلُوْمِيْنَ ۚ  فَمَنِ ابْتَغٰى وَرَآءَ ذٰلِكَ فَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْعٰدُوْنَ ۚ 

"Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka tidak tercela. Tetapi barangsiapa melakukan selain itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas". (QS. Al-Mu'minun: 5-7)

Istimna' menurut Ulama adalah haram, karena mencari kenikmatan bukan pada tempatnya.

Dalam kitab Tanbinul Ghafilin, Imam Ibnu Nuhas menulis tentang dosa istimna', tanpa di rinci tentang dosa besar atau kecil.

Maka, bila umpama libido naik, segera lakukan aktifitas yang lain sampai ia tenang, karena setiap maksiat bila di turuti ia akan meminta yang lebih. Dan perbanyak istighfar, ibadah dan aktivitas sosial yang manfaat, munculnya maksiat karena banyak waktu luang.

والله تعالى أعلمُ بالـصـواب

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: 089665842579
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hukum Onani"