Hukum Membaca Hamdalah Setelah Bersendawa Dan Membaca Ta'awudz Setelah Menguap




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Bersendawa maksudnya mengeluarkan suara yang biasanya akibat kekenyangan setelah makan. Tak sedikit orang yang setelah bersendawa ataupun setelah menguap dia mengucap "Alhamdulillah". Apakah ini memang termasuk sunnah ?

Berikut fatwa Syaikh Al 'Utsaimin rahimahullah:

إذا تجشأ الإنسان أو تثاءب فليس له ذكر، خلافاً للعامة، فالعامة إذا تجشئوا يقولون: الحمد لله! والحمد لله على كل حال؛ لكن لم يرد أن التجشؤ سبب للحمد، كذلك إذا تثاءبوا قالوا: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، وهذا لا أصل له، ولم يرد عن النبي عليه الصلاة والسلام أنه كان يفعل ذلك
 
"Bila seseorang bersendawa atau menguap, maka tidak ada dzikir khusus yang dibaca. Ini tidak seperti yang umumnya dilakukan kaum Muslimin. Dimana mereka umumnya saat bersendawacmengucapkan "Alhamdulillah" atau "Alhamdulillahi 'alaa kulli haal.." tidak ada yang menunjukkan bahwa bersendawa itu adalah sebab (disyariatkannya) memuji Allah. Demikian pula saat menguap, mereka mengucapkan "A'uudzu billahi minasy syaithaanir rajiim", maka ini pun tidak ada sumber hukumnya. Tidak ada riwayat dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang menunjukkan bahwa beliau melakukan hal tersebut". https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=145481

Kesimpulan, menganggap bagusnya membaca hamdalah saat bersendawa atau menguap, atau membaca ta'awudz saat menguap adalah bid'ah. Jadi tidak perlu baca apapun saat sendawa atau menguap.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Hukum Membaca Hamdalah Setelah Bersendawa Dan Membaca Ta'awudz Setelah Menguap"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel