Aqidah Al-Wasithiyah (Bagian 11)



Oleh Ustadz Abu Abd Rahman bin Muhammad Suud al Atsary hafidzhahullah

Berkata Imam Ahmad bin Abd Halim bin Taimiyah rahimahullah:

و قد دخل في هذه الجملة ، ما و صف الله به نفسه في سورة الإخلاص ، التي تعدل ثلث القران

Dan masuk dalam pembahasan Asma dan sifat ini adalah apa yang Allah sifatkan dirinya di surah Al-Ikhlas, yang pahalanya menyamai sepertiga Al-Qur'an.

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia". (QS. Al-Ikhlas: 1-4)

و ما وصف به نفسه في اعظام آية في كتاب الله (اية كرسي)

Dan sifat yang Allah sifatkan pada diri-Nya dalam ayat paling agung dalam Al-Qur'an (ayat kursi).

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

و لهذا كان من قرأ هذه الاية في ليلة لم يزل عليه من الله حافظ، و لا يقربه شيطان حتى يصبح

Oleh karena itu, barangsiapa membaca ayat ini di satu malam, akan mendapat penjagaan dari Allah, dan tidak didekati setan sampai pagi.

Syarah Singkat

Pada hari ini, kita membahas tauhid dari satu surah dan satu ayat utama. Surah yang termulia yaitu Al-Fatihah. Ayat yang termulia yaitu ayat kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255).

Surah yang menyamai sepertiga Al-Qur'an yaitu surat Al-Ikhlas. Al-Ikhlas menandingi sepertiga Al-Qur'an karena berisi, berita tentang Allah (sifat dan nama Allah), berita makhluk (kewajiban makhluk) dalam pentauhidan, dan perintah (bertauhid dan larangan syirik).

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Aqidah Al-Wasithiyah (Bagian 11)"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel