Wudhu Sebagai Bentuk Ibadah Dan Menjaga Kebersihan



Pertanyaan:

بــسم اللّٰـه
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz benarkah wudhu sebagai tindakan pencegahan virus Corona. Kami sebagai tenaga medis mendengarnya, dan bagaimana kita bisa menjaga sedapat mungkin menjaga wudhu ?

Dari Ibu xxxx jamaah kajian Masjid Al-Ikhlas Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo (Group Manhaj Salaf Akhawat)

Jawab:

بــسم اللّٰـه
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Tidak ada hari ini Ummat yang begitu di rendahkan, begitu murah harga nyawanya, dan di timpakan berbagai fitnah oleh orang kafir. Kita melihat di Eropa, Amerika, Australia, India, Myanmar, China, bagaimana Muslim di sana mendapatkan perlakuan buruk. Serta bagaimana negara Arab di cabik-cabik kepentingan Barat dan Timur.

Namun demikian mereka orang kafir membuat tipu daya, namun Allah memiliki rencana lain.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَيَمْكُرُوْنَ وَيَمْكُرُ اللّٰهُ ۗ وَا للّٰهُ خَيْرُ الْمٰكِرِيْنَ

"Mereka membuat tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya". (QS. Al-Anfal: 30)

Di ceritakan seorang Belanda mengundang seorang kya'i ke Loji (loge) mereka untuk berdiskusi dan makan, lalu saat kya'i ini makan menggunakan tangan, maka si kafir Belanda ini mengatakan itu tindakan tidak berperadaban dan tidak beretika. Kita orang Belanda makan dengan sendok atau garpu !!!. dengan mengejek. Maka kya'i ini menjawab, sir, kaki kami lebih bersih dari muka tuan, kami mencuci kaki kami minimal lima kali sehari.

Baik, demikian rencana Allah, untuk menunjukkan kebesaran dan keagungan agama-Nya.

Orang Islam di benci, sekaligus ajarannya di cintai, terbebih hari ini. Mereka dulu mengejek cadar, pakaian syar'i, dan segala macam yang berbau Islam. Namun sekarang, baik sadar, tidak sadar, atau malu-malu, mereka mengakui keunggulan ajaran Islam.

Baik, kita tidak berfikir Sebagaimana orang kafir berfikir yang hanya mau dengan ajaran Islam bila ada keuntungan dari ajaran Islam. Islam telah mengajarkan kebersihan sejak awal, sampai di bab fiqih, bab air, thaharah, mandi, wudhu, istinja', najis, suci. Sedang di umat lain tidak ada ajaran semacam ini. Walhamdulillah.

Untuk keutamaan menjaga wudhu di sebutkan dalam bab wudhu dalam Kitab Al-Wajiz,

Dari Nuraidah radhiallahu anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada Bilal radhiallahu anhu:

يا بلال بما سبقيتني إلى الجنة ، إني دخلت البارحة الجنة سمعت خشخشتك أمامي ؟ فقال بلال يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ما أذنت قط إلا صليت ركعتين ، و لا اصابني حدث قط ، إلا توضات عنده. فقل رسول الله صلى الله عليه وسلم لهذا.

"Wahai Bilal dengan sebab apa engkau mendahului ku ke Surga, karena aku masuk Surga, dan mendengar suaramu di dalamnya ?" Bilal menjawab: "Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tidaklah setiap kali aku adzan, kecuali mesti aku shalat dua rakaat, dan tidaklah aku berhadats mesti aku wudhu lagi". Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Karena inilah". [HR Tirmidzi 5/282 no.3772]

Seyogyanya, setiap kita dan ini nasihat bagi yang berbicara dan yang mendengar untuk sebisa mungkin menjaga wudhu, sebagai mengamalkan Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, juga dalam rangka menjaga kebersihan, baik ada endemi Corona atau tidak.

Jadi, jangan ada lagi pandangan bahwa menjaga wudhu atau cuci tangan hanya saat ada endemik virus. Namun setiap saat sebagai bentuk pengamalan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Bukan hanya sekedar menjaga kebersihan dan takut wabah.

Virus Corona itu benar, satu hal yang berbahaya. Namun, jangan sampai kekhawatiran kita, mengalahkan keyakinan dan tawakkal kita kepada Allah. Waspada boleh, namun tidak boleh melunturkan iman pada taqdir. Semoga Allah menjaga kita semua dari keburukan dan penyakit.

والله تعالى أعلمُ بالـصـواب

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Wudhu Sebagai Bentuk Ibadah Dan Menjaga Kebersihan"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel