Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dzikir Khusus Setelah Shalat Tarawih




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Biasanya setiap salam dari dua rakaat tarawih, maka sang imam membaca dzikir-dzikir khusus berisikan shalawat atau lainnya sebelum melanjutkan dua rakaat tarawih selanjutnya, apakah ini suatu sunnah ?

Telah berkata Ibnul Hajj rahimahullah:

وينبغي له - أي: الإمام - أن يتجنب ما أحدثوه من الذكر بعد كل تسليمتين من صلاة التراويح ، ومن رفع أصواتهم بذلك ، والمشي على صوت واحد ، فإن ذلك كله من البدع ، وكذلك ينهى عن قول المؤذن بعد ذكرهم بعد التسلميتين من صلاة التراويح "الصلاة يرحمكم الله" ، فإنه محدث أيضاً ، والحدث في الدين ممنوع ، وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم ، ثم الخلفاء بعده ثم الصحابة رضوان الله عليهم أجمعين ولم يذكر عن أحد من السلف فعل ذلك فيسعنا ما وسعهم

"Dan disukai baginya -yakni imam- untuk menjauhi perkara baru, berupa dzikir yang (biasa dibaca) setiap salam dari dua rakaat shalat tarawih dengan mengeraskan suara mereka dan  dilakukan dengan satu komando suara, semua perkara ini adalah bid'ah.

Demikian pula seharusnya mu'adzin dimana mereka biasanya setelah mengucapkan dzikir tertentu setelah salam dari dua rakaat shalat tarawih lalu mengucapkan "Ash-Shalaatu Yarhamukumullah", sebab ini juga bid'ah. Sementara mengada-adakan perkara baru dalam agama itu terlarang.

Dan sesungguhnya sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian Khulafa’ur Rasyidhin, kemudian Shahabat radhiallahu ‘anhum ajma’in. Dan tidak pernah ada keterangan satupun diantara mereka yang melakukan hal tersebut". (Al Madkhal II:293-294)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Dzikir Khusus Setelah Shalat Tarawih"