Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan Waktu Perbaikan Diri




Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Di riwayatkan dari Abu Said Al-Khudry radhiallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إن الله تبارك و تعالى عتقاء في كل يوم و ليلة - يعني في رمضان ، و إن لكل مسلم في كل يوم و ليلة دعوة مستجابة

"Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta'ala memiliki hamba-hamba yang di merdekakan dari Api Neraka, pada setiap hari dan malam -yakni di bulan Ramadhan-, dan sesungguhnya setiap muslim memiliki doa yang mustajab pada setiap harinya". [HR. Al-Bazzar, Shahih Targhib hadits 1002 bab puasa]

Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, di dalamnya bertabur keridhaan Allah dan pahala dari-Nya. Mudah bagi seorang untuk berbuat kebaikan dan berebut pahala di bulan ini, maka tepatlah bila bulan ini kita jadikan acuan perbaikan diri.

Manusia Antara Dua Hal Besar


Bagaimana berinteraksi dengan dua kondisi, masa lalu dan masa depan ?

Al-Imam Muhammad bin Abu Bakr Ibnu Qayyim rahimahullah berkata: "Marilah kita memasuki Surga Darusallam, menghadap Allah dan berada di sisi-Nya tanpa harus mengeluarkan tenaga dan bersusah payah. Bahkan anda dapat menuju negeri itu (Surga) melalui jalan yang paling dekat dan paling mudah.

Seorang hamba berada dalam satu kondisi di antara dua waktu, dan waktu tersebut merupakan umur yang engkau jalani saat ini, ia berada pada dua kondisi, masa lalu dan masa yang akan datang. Waktu yang lalu dapat di perbaiki dengan cara bertaubat, menyesal dan beristighfar, semua itu tidak akan membuatmu payah, berat dan lelah, karena semua itu adalah amalan hati, sedang masa yang akan datang, dapat di perbaiki dengan mencegahnya dari dosa.

Mencegah diri dari dosa bukan perbuatan berat bagimu, sebab ia dapat di lakukan dari sekedar meninggalkan dan melepaskan tanpa harus melakukan dengan anggota badan. Dalam hal ini yang di perlukan hanya niat dan kesungguhan untuk meninggalkan dosa dan maksiat.

Tekat dan niat inilah yang membuat badan, hati dan jiwamu merasa tenteram dengan meninggalkan dosa. Dengan demikian, masa lalu dapat di perbaiki dengan melakukan taubat, sedang masa yang akan datang di perbaiki dengan mencegah (diri dari dosa), serta meneguhkan diri dan mengokohkan niat untuk meninggalkannya.

Hamba Diantara Waktunya

Saat ini, bertaubat (dari dosa yang lalu) dan mencegah diri (dari dosa yang akan datang) tidak akan membuat badan letih. Tetapi inti masalahnya terletak pada usia Anda hari ini, yakni waktu yang terletak antara masa lalu dan masa depan.

Sesungguhnya menjaga waktu yang sekarang ini di jalani lebih sulit daripada memperbaiki masa lalu maupun masa yang akan datang, karena menjaga waktu (saat ini) mengharuskanmu untuk melakukan yang lebih baik (dari kemarin dan hari esok), lebih bermanfaat (bagi dunia dan akhirat), dan lebih banyak memberikan (sebab) kebahagiaan bagi dirimu.

Pazel Kehidupan Dan Bekal

Kondisi seorang hamba berbeda menyikapi hari-hari kehidupannya. Demi Allah, hari-harimu adalah waktu yang engkau lewati guna mengumpulkan bekal untuk negeri akhirat, apakah bekal itu akan menghantarkanmu ke Surga atau Neraka.

Jika engkau menjadikan waktu tersebut sebagai jalan menuju Rabb (Allah Ta'ala), maka engkau telah memperoleh kebahagiaan dan kemenangan dari masa yang singkat ini, masa yang tidak sebanding dengan kehidupan akhirat (kelak). Namun, bila engkau mengutamakan syahwat, kesenangan, kelalaian dan bermain-main, maka waktu itu cepat berlalu.

Bahkan kesudahannya adalah kepedihan yang abadi, kepedihan dan penderitaan karena menuruti syahwat itu melebihi penderita pada saat engkau bersabar dalam mengusahakan ketaatan kepada Allah, serta melebihi kesabaran dalam menolak hawa nafsu untuk meraih kesenangan duniawi". (Al Fawaid 469)

Semoga Ramadhan ini menjadi titik awal perubahan kehidupan kita semua dalam kebaikan.

_______
Oleh yang butuh dan mengharapkan ampunan Rabb-Nya.

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Ramadhan Waktu Perbaikan Diri"