Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meninggalkan Sesuatu Karena Allah






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنك لَن تدَع شيئًا للهِ عزَّ وجلَّ إلا بدَلك اللهُ به ما هو خيرٌ لكَ منه

"Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik bagimu". [HR. Ahmad no. 21.996. Kata Syaikh Al Albani rahimahullah dalam As Shahihah II:734: Shahih]

Hadits di atas sebagaimana menurut Ulama berlaku umum untuk siapapun yang meninggalkan apapun semata-mata mempertimbangkan agama Allah dan karena Allah semata.

Pengen contoh nyata kebenaran hadits di atas ?

Lihat apa yang pernah dilakukan Nabi Ibrahim ‘alaihis shalatu wa sallam. Beliau tinggalkan keluarga dan kaumnya serta kampung halamannya yang sebenarnya itu sangat berat dan menimbulkan konflik batin yang luar biasa, sangat menyakitkan, dan mencemaskan.

Namun, hal itu pada akhirnya tetap beliau tempuh manakala keluarga, kerabat, teman, kaum, dan kampung halamannya tidaklah mendukung sama sekali pada tauhidnya bahkan terus memaksanya untuk ikut pada kemusyrikan. Beliau tinggalkan semua yang sebenarnya sangat dicintainya tersebut semata-mata karena lebih mengedepankan cintanya pada Tauhidullah.

Maka, sebagai balasan perbuatannya meninggalkan sesuatu karena Allah itu, Allah berfirman :

فَلَمَّا اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَكُلا جَعَلْنَا نَبِيًّا

"Maka, ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya’qub, dan masing-masingnya Kami angkat menjadi Nabi". (QS. Maryam: 49)

Buah keteguhan hati meninggalkan sesuatu yang dicintai karena Allah, Allah ganti dengan anugerah yang sangat agung.

Adakah anugerah yang lebih dahsyat dibandingkan dengan dianugerahkan dijadikan anak cucunya sebagai para Nabi ? Maka, bersikap teguh dan istiqamahlah saudaraku di atas aqidah dan manhaj yang shahih ini, apapun taruhannya.

Semoga Allah akan memberikan padamu kebaikan yang jauh lebih sempurna untukmu, Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Meninggalkan Sesuatu Karena Allah"