Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Tegas Imam Syafi'i Kepada Gembong Bid'ah






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Al Jarudi rahimahullah menceritakan yang intinya, saat Imam Syafi’i rahimahullah sakit parah, maka banyak Ulama yang menjenguknya. Satu persatu lalu bertanya ke Imam Syafi’i rahimahullah mencoba mengingatkan beliau dengan bertanya, "Siapakah aku ?"

Diantara yang menjenguk beliau terdapat seorang gembong kebid’ahan yang bernama Al Hafsh Al Fard, yang dikenal sebagai corong pembawa bid'ah ilmu Kalam/Filsafat. Maka seperti yang lainnya, saat giliran Al Hafsh berdiri dihadapan Imam Syafi’i rahimahullah, maka ia pun bertanya, "Siapakah aku ?"

Tahukah kita apa jawaban Imam Syafi’i rahimahullah atas pertanyaan gembong bid’ah yang bertanya, "Siapakah aku ini ?"

Berikut jawaban Imam Syafi’i rahimahullah:

أنت حفص الفرد لا حفظك الله، ولا كلاك، ولا رعاك حتى تتوب مما أنت فيه

"Kamu adalah Hafsh Al Fard -semoga Allah tidak akan menjagamu dan tidak akan melindungimu sampai kamu mau bertaubat dari kesesatanmu-". (Jami Bayanul Ilmi II:193)

Masya Allah, inilah sikap beliau, jika hari ini dilihat oleh penganut madzhab sok bijaksana, bisa-bisa beliaupun akan dianggap sebagai imam yang tidak tasammuh (tidak berlapang dada), keras hati, radikal, wahhabi, tidak saling menghargai, mestinya jangan saling menyalahkan, dan sebagainya. Allahul Musta’an.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Sikap Tegas Imam Syafi'i Kepada Gembong Bid'ah"