Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Rumah Tangga Menjadi Langgeng





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Wasiat Syaikh bin Baz rahimahullah khususnya untuk wanita yang baru menikah, namun berlaku juga bagi yang telah lama menikah. 

Syaikh bin Baz rahimahullah berkata:

نوصي الحديثات العهد بالزواج ، نوصيهن ، بحسن الخلق ، و طيب العشرة مع الزوج ، و التحمّل لما يقع من تقصير من الزوج حتى تستقيم الأحوال ، و أن تكون حسنة الأخلاق ، حديثها مع زوجها طيّب ، تقوم بواجبها في منزلها ،  تعتني بنفسها من جهة النظافة و الطيب ، و الحديث الطيّب مع زوجها ، لأن هذا من أسباب ثبات الزواج و بقائه و استمراره. 

"Kami wasiatkan kepada para wanita yang baru menikah untuk berakhlak yang baik, menjaga pergaulan yang baik terhadap suaminya, berlapang dada dan bersabar atas segala kekurangan yang ada pada suaminya, hingga kondisi menjadi baik, hendaknya dia menjadi istri yang baik akhlaknya, obrolannya dengan suami selalu baik, melaksanakan berbagai kewajiban di rumah, selalu memperhatikan dirinya sendiri, baik dari sisi kebersihan maupun kerapian, berbicara dengan sopan terhadap suaminya. Karena itu termasuk sebab-sebab langgengnya pernikahan.

و نحذِّرها من ، العنف و الشدة ، أو عدم تنفيذ أوامره التي لا محذور فيها ، بل المشروع لها أن تعتني بأوامره و تنفّذها له إذا كان ليس فيها محذور شرعًا ، أن تكون طيّبة في الكلام معه و الحديث بالإبتسام و الضحك المناسب. 

Kami peringatkan dari sikap kasar dan keras, atau tidak melaksanakan berbagai perintah suami yang tidak melanggar (syariat). Bahkan yang disyariatkan baginya adalah hendaknya dia memperhatikan berbagai perintah suaminya dan sigap melaksanakannya jika memang tidak terdapat padanya pelanggaran terhadap syariat. Hendaknya sang istri menjaga kesopanan saat berbicara dan berbincang dengan suaminya, disertai senyum dan tawa yang pantas.

و تنفيذ الأوامر ، و طيب المعاشرة ، و طيب المخالقة ، مع التطيب مع النظافة ، مع إكرامه أهله كأمه و أخواته و أبيه و نحو ذلك ، كل هذا نوصي به الزوجات الجديدات و غيرهنّ. 

Selalu siap melaksanakan perintah, baik dalam berinteraksi, menjaga kesopanan dalam bersikap, juga disertai selalu memakai wewangian dan menjaga kebersihan. Di samping itu selalu memuliakan keluarga suaminya, seperti ibunya, saudari-saudarinya, ayahnya, dan lain-lainnya. Semua ini kami wasiatkan kepada para wanita, baik yang baru menikah dan juga yang selain mereka." https://binbaz.org.sa/fatwas/10168

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Agar Rumah Tangga Menjadi Langgeng"